Kakak Cemburu Itu Biasa, Ini Tips Membantunya Terbiasa dengan Kehadiran Adik

Reporter : Audila Rima Ndani
Jumat, 25 September 2020 07:37
Kakak Cemburu Itu Biasa, Ini Tips Membantunya Terbiasa dengan Kehadiran Adik
Yuk, bantu si kakak biar nggak cemburu.

Perubahan dalam keluarga bisa terasa sangat mengejutkan bagi seorang anak. Dulunya mungkin dia adalah si tunggal yang jadi pusat perhatian orang tua hingga anggota keluarga yang lain.

Tapi kehadiran seorang adik dalam kehidupannya secara tiba-tiba bisa terasa sangat berbeda. Bahkan banyak anak yang membutuhkan waktu lebih lama untuk menyesuaikan diri dan melawan rasa cemburu atas kehadiran sang adik.

Di saat seperti ini, dukungan dari orang tua tentu sangat mereka butuhkan. Kita juga bisa lho membantu mereka untuk cepat terbiasa dengan kehadiran sang adik.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Kakak Adik © Diadona

Dilansir dari Mom.com, kita bisa mulai membantu anak untuk terbiasa dengan kehadiran adiknya sejak kehamilan di trimester keempat. Saat bayi lahir ke dunia, anak mungkin akan mulai merasa tersisih atau menyimpan rasa cemburu terhadap sang adik.

Untuk mengatasi hal itu, kita bisa mempersiapkan mereka serta menjaga komunikasi yang baik dengan anak agar mereka cepat terbiasa. Tindakan kita bisa membuat transisi dalam keluarga terasa lebih mudah bagi anak. Selain itu, anak juga sangat mungkin bersemangat untuk membantu kita dalam menjaga bayi.

2 dari 4 halaman

ilustrasi kakak adik © Diadona

Saat sang adik lahir, bantu kakak untuk menyesuaikan diri dengan mengajari mereka cara berinteraksi dengannya. Sangat penting bagi anak-anak untuk mengetahui cara bersikap lembut pada bayi.

Kita bisa mendampinginya bersama dengan sang adik dan mengarahkan mereka jika terlalu kasar. Selain itu, biarkan anak melihat kita saat sedang merawat bayi sehingga dia punya gambaran bagaimana seharusnya bersikap pada sang adik.

3 dari 4 halaman

ilustrasi kakak adik © Diadona

Sebagai orang tua kita juga nggak boleh menyembunyikan kenyataan bahwa anak akan memiliki seorang adik. Mengulur waktu untuk memberitahu kehadiran adiknya justru akan membuat keadaan menjadi buruk.

Mandi Silverman, psikolog klinis di Child Mind Institute, menyarankan agar orang tua memberi tahu kakaknya sesegera mungkin. Memulai obrolan tentang kehadiran anggota keluarga baru lebih awal akan memberi anak lebih banyak waktu untuk menyesuaikan diri.

4 dari 4 halaman

Orang tua perlu menunjukkan bahwa kehadiran adik dalam keluarga adalah hal yang positif. Meski perubahan itu baik namun anak tetap membutuhkan waktu untuk membiasakan diri dengan kenyataan tersebut.

Semoga cara ini bisa membantu ya, Moms!

Beri Komentar