Tips Membatasi Penggunaan Gadget Anak Tanpa Membuat Mereka Menangis

Reporter : Audila Rima Ndani
Sabtu, 26 September 2020 07:37
Tips Membatasi Penggunaan Gadget Anak Tanpa Membuat Mereka Menangis
Cobain tipsnya, Moms!

Gadget menjadi sebuah benda yang saat ini hampir dimiliki oleh semua anak. Dari gadget, anak bisa mendapatkan banyak hiburan dan mainan untuk mengisi waktu mereka.

Namun selain menjadi sumber kebahagiaan bagi anak, gadget juga menjadi sumber masalah di mata orang tua. Banyak kasus yang telah menunjukkan bahwa penggunaan gadget secara berlebihan akan menyebabkan anak mengalami kecanduan dan masalah kesehatan lainnya.

Sebagai orang tua, tentu kita nggak ingin anak mengalami hal buruk dan masalah dalam diri mereka karena penggunaan gadget. Tapi di saat yang sama kita juga bisa nggak tega saat melihat anak menangis karena kita merampas gadget mereka.

Untuk itu, dilansir dari Brightside.me, berikut beberapa tips mengurangi waktu bermain anak dengan gadget tanpa membuat mereka menangis yang disampaikan oleh Nir Eyal, psikolog dari Standford.

1 dari 4 halaman

Mengajarkan anak untuk mengontrol waktu

Ilustrasi anak dan gadget © Diadona

Kesalahan terbesar yang dilakukan oleh orang tua saat ini adalah dengan nggak membiarkan anak-anak mengontrol waktu mereka sendiri. Cara ini tentu lebih diutamakan pada anak yang berusia lebih besar.

Mengajarkan anak untuk mengontrol waktu penggunaan gadget sendiri dapat membuat anak lebih bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Selain itu, hal ini juga akan memberikan dampak yang lebih baik untuk masa depan anak.

2 dari 4 halaman

Jelaskan tentang hal yang hilang saat dia bermain gadget

Ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Anak-anak yang baru masuk TK biasanya sudah tahu tentang konsep waktu yang terbatas. Jelaskan pada anak bahwa waktu luang yang mereka habiskan dengan bermain gadget akan mengorbankan waktu penting yang lain seperti, melukis, bermain dengan teman, atau mengobrol dengan kita.

Percaya atau nggak, anak akan bisa memilih prioritasnya sendiri. Makanya sebaiknya ajarkan mereka untuk mengendalikan diri daripada terus memarahinya.

3 dari 4 halaman

Tanyakan berapa waktu yang mereka butuhkan

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Kita mungkin merasa takut dan khawatir jika anak terus menggunakan gadget sepanjang hari. Makanya penting untuk menjelaskan pada mereka betapa pentingnya memiliki batasa penggunaan.

Sebaiknya kita nggak langsung memutuskan berapa waktu yang bisa digunakan anak untuk bermain gadget. Ajak anak untuk ikut berdiskusi agar bisa ditemukan keputusan terbaik.

4 dari 4 halaman

Mulailah sejak dini

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Ada waktu di mana anak-anak akan tiba-tiba merengek untuk memiliki sebuah gadget sendiri. Saat hal itu terjadi, kita sudah harus membekali mereka tentang batasan dan pengaturan waktu.

Usahakan untuk bersikap tenang dan mulai berdiskusi dengan anak sejak awal. Tindakan ini akan membuat anak lebih mudah terbiasa dengan aturan yang tepat dalam penggunaan gadget.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya, Moms!

Beri Komentar