Gimana Ya Mom Cara Mengatasi Anak yang Tak Mau Ditinggal di Sekolah?

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 24 Oktober 2020 09:17
Gimana Ya Mom Cara Mengatasi Anak yang Tak Mau Ditinggal di Sekolah?
Siapa nih yang anaknya minta ditemenin terus pas di sekolah?

Pendidikan anak kini dimulai sejak dini seperti misalnya anak dimasukkan ke PAUD, TK, dan SD. Sayangnya, sejumlah anak masih lengket-lengketnya pada ibunya di umur-umur segitu. Alhasil, mereka pun nggak mau ditinggal oleh sang ibu saat lagi di sekolah.

Tentu hal tersebut menjadi masalah tersendiri bagi seorang ibu yang memiliki banyak tugas untuk mengurus rumah seperti memasak, mencuci, membersihkan rumah dan lain sebagainya. Waktunya tersita dengan menunggui anak di sekolah begini.

1 dari 3 halaman

Dilansir dari laman haibunda.com (12/02), psikolog pendidikan dari Rumah Dandelion, Orissa Anggita Rinjani, mengatakan bahwa hal ini sebenarnya sangat wajar karena anak belum terlalu paham dengan lingkungan barunya dan dia akan merasa cemas serta takut ditinggalkan sendirian di sekolah.

Ilustrasi Anak Sekolah © Diadona

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa hal yang bisa ibu coba lakukan. Yang pertama coba untuk melibatkan anak saat menyiapkan barang-barangnya untuk ke sekolah. Dengan begini, anak mulai punya rasa tanggung jawab dan jadi lebih siap pergi ke sekolah.

2 dari 3 halaman

Cara berikutnya, coba untuk menyiapkan foto guru-guru yang mengajar dan teman-teman sekelas anak. Gunanya adalah untuk sering-sering dilihatkan ke anak agar dia merasa familiar dengan mereka sehingga tidak cemas lagi walaupun ditinggal ibu di sekolah.

Selanjutnya, biarkan anak untuk memilih tas mana yang mau dia pakai atau makanan apa yang dia inginkan untuk bekal. Dengan membawakan benda dan makanan kesukaan anak ini dia pun akan lebih bersemangat untuk pergi ke sekolah dan tak hanya fokus minta ditemenin ibu melulu.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak Sekolah © Diadona

Yang terakhir, coba perlahan meninggalkan anak selama beberapa jam di sekolah dan katakan kalau ibu harus pulang ke rumah sebentar untuk beres-beres. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti anak dan makin lama coba untuk tinggalkan anak lebih lama di sekolah sehingga nantinya dia akan terbiasa di sekolah sendiri tanpa ditemani ibu.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa ibu coba lakukan untuk mengatasi anak yang tak mau ditinggal saat di sekolah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Beri Komentar