Gak Perlu Lama-Lama, Cukup Tegur Anak 1 Menit Saja Mom

Reporter : Riza Umami
Minggu, 23 Mei 2021 08:17
Gak Perlu Lama-Lama, Cukup Tegur Anak 1 Menit Saja Mom
Dalam menegur anak ternyata tak perlu lama-lama Mom agar efektif.

Terkadang, tak mudah memang dalam mengurus dan mendidik anak-anak. Kalau anak nakal dan bandel terus-terusan pasti lama-lama ibu pun jadi terbawa emosi  sampai ujung-ujungnya memarahi anak.

Ibu terkadang juga menegur anak seperti ini untuk mendisiplinkannya supaya tidak mengulangi kesalahannya lagi ke depannya. Sayangnya, sejumlah ibu bisa memarahi anaknya sampai berjam-jam sehingga yang ada anak malah jadi makin kesal.

1 dari 3 halaman

ilustrasi ibu marah pada anak © Diadona

Dokter Aisyah Dahlan yang banyak memberikan kajian tentang parenting mengatakan bahwa sebenarnya ibu hanya perlu menegur anak selama 1 menit saja. Dia kemudian menjelaskan mengapa waktu  yang dibutuhkan ini begitu singkat.

Dalam salah satu video di akun TikTok-nya yaitu @dr.aisyahdahlan, dia mengatakan teknik teguran 1 menit ini sangat efektif dan sudah dia gunakan sejak anak-anaknya masih kecil. Dia bilang bahwa menegur perilaku anak ini tak perlu lama-lama.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Ibu Marah © Diadona

1 menit itu dibagi menjadi dua di mana setengah menit digunakan untuk menegur perilaku anak yang keliru kemudian setengah menit lagi dipakai untuk memuji perilaku anak yang baik. Jadi, waktu 1 menit ini sudah sangat cukup untuk menegur anak.

Selama ini mungkin banyak ibu yang memarahi dan menegur anaknya hingga berjam-jam untuk meluapkan amarahnya dan berharap anak tak akan mengulanginya lagi setelah dimarahi berjam-jam seperti itu. Sebaliknya, anak malah jadi kesal dan tak akan mendengarkan teguran ibunya.

3 dari 3 halaman

Apalagi bila ibu sampai memarahi anak dengan memberikan dia label seperti 'kamu anak yang nakal, pemalas atau susah dibilangin', maka hal itu bisa terekam dalam memori anak dan menjadikan anak tumbuh jadi orang yang seperti itu.

@dr.aisyahdahlan

jadi mulai sekarang harus mulai di ubah.

? original sound - dr. Aisyah Dahlan (PARENTING)

Oleh sebab itu, mari kita ubah cara kita dalam memberikan teguran pada anak Mom. Gunakan cara yang lebih efektif agar buah hati mau mendengarkan perkataan kita. Dengan menegur lalu memujinya, maka anak tak akan sampai sakit hati dengan perkataan ibunya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Beri Komentar