Doa Masuk Rumah: Arab, Latin, dan Artinya Lengkap

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 12 Juli 2023 08:36
Doa Masuk Rumah: Arab, Latin, dan Artinya Lengkap
Jangan lupa berdoa guys~

Islam dalam semua kegiatan umatnya selalu menganjurkan untuk diawali dengan doa. Salah satu doa yang dianjurkan untuk dibaca adalah doa masuk dan keluar rumah.

Doa masuk rumah ini adalah sebuah upaya memohon perlindungan kepada Allah SWT. Pasalnya, meski memasuki rumah kita sendiri pun, berbagai risiko bahaya mungkin terjadi. Nggak hanya itu, hal ini juga diharapkan mendatangkan keberkahan, baik untuk pribadi yang mengucapkan maupun kepada keluarganya.

Diadoan telah merangkum doa masuk rumah dari beberapa sumber. Doa ini tersedia dalam versi arab, indonesia, dan juga terjemahan yang lengkap. Jadi, yuk simak artikel di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Doa Masuk Rumah

Doa Masuk Rumah © Diadona

اللّٰهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ المَوْلِجِ وَ خَيْرَ المَخْرَجِ, بِاسْمِ اللّٰهِ وَ لَجْنَا، بِاسْمِ اللّٰهِ خَرَجْنَا، وَ عَلَى اللّٰهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma innii as-aluka khairal mauliji, bismillahi wa lajnaa, wa bismillahi kharajnaa, wa ‘alallahi rabbanaa tawakkalnaa

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan kebaikan tempat keluar, dengan menyebut nama-Mu kami masuk, dengan menyebut nama-Mu kami keluar, dan hanya kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakkal.

اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ

“ Assalaamu’alainaa Wa ‘Alaa ‘Ibaadillaahish Shoolihiina,”

Artinya: “ Salam bagi diri kami dan salam bagi hamba Allah yang saleh.”

2 dari 3 halaman

Anjuran Membaca Doa Masuk Rumah

Terkait dia masuk rumah, hal ini ternyata juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Hal ini, tertuang dalam hadist di bawah ini:

قال لي رسول الله صل الله عليه و سلم: يا بنيّ، إذا دخلت على اهلك، فسلّم، تكن بركة عليك و على اهل بيتك

Artinya: Rasulullah SAW berkata kepadaku: 'Wahai anakku, jika kamu masuk menemui keluargamu, maka ucapkanlah salam, agar datang keberkahan atasmu dan penghuni rumahmu.'

3 dari 3 halaman

Di dalam Alquran sendiri juga sudah tertuang tentang anjuran membaca salam atau doa saat memasuki rumah. Baik itu rumah yang berpenghuni atau pun tidak.

فَاِ ذَا دَخَلْتُمْ بُيُوْتًا فَسَلِّمُوْا عَلٰۤى اَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِّنْ عِنْدِ اللّٰهِ مُبٰرَكَةً طَيِّبَةً

Artinya: Apabila memasuki rumah-rumah, hendaklah kamu memberi salam (kepada penghuninya, yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, dengan salam yang penuh berkah dan baik dari sisi Allah.

Jadi itu ya doa masuk rumah dan juga anjurannya yang semoga bisa menjadi tambahan pengetahuan buat kamu. Jangan lupa dibaca dan diamalkan ya Diazens.

Beri Komentar