Doa Keluar Rumah: Arab, Latin, Artinya Lengkap, Serta Keutamaan Membacanya

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 21 Juni 2023 09:00
Doa Keluar Rumah: Arab, Latin, Artinya Lengkap, Serta Keutamaan Membacanya
Jangan lupa berdoa ya kalau mau keluar rumah~

Doa keluar rumah adalah sebuah doa yang dibaca ketika hendak bepergian ke manapun saat meninggalkan rumah. Tidak bukan dan tidak lain tujuannya adlaah untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT saat berada di luar rumah.

Nabi Muhammad SAW juga mengatakan jika membaca doa keluar rumah itu penting. Mengutip keterangan NU Online, hadist yang terkait hal ini diriwayatkan oleh Abu Dawud, At-Tirmidzi, Nasa'i, dan lainnya.

من قال- يعني اذا خرج من بيته- بِاسْمِ اللّٰهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللّٰهِ وَ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللّٰهِ، يقال له: كفيت و وقيت و هديت و تنحّى عنه الشيطان

Artinya: Barang siapa yang membaca, yaitu ketika keluar dari rumahnya, bismillahi tawakkaltu 'alallahi wa laa haula wa laa quwwata illa billah. Dikatakan kepadanya: Kamu akan dicukupkan, dikuatkan, dan diberi petunjuk dan setan jauh darinya.

Nah, berikut ini adalah beberapa doa keluar rumah yang bisa kamu baca saat hendak meninggalkan rumah untuk bepergian. Simak bareng-bareng yuk Diazens!

1 dari 3 halaman

Doa Keluar Rumah

Doa Keluar Rumah © Diadona

Doa yang pertama ini cukup pendek. Doa ini juga disebut sebagai " Du'a al-Istikharah" dan merupakan doa memohon perlindungan, bimbingan, dan berkah Allah.

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

" Bismillah, tawakkaltu 'alallah, wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaah"

Artinya: Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

2 dari 3 halaman

Doa Keluar Rumah © Diadona

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْأُضَلَّ أَوْ أَذِلَّ أَوْ أَذَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أَظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ

" Allahumma innî a'ûdzu bika an adhilla aw udhalla aw adzilla aw udzalla aw adzlima aw udzlama aw ajhala aw yujhala 'alayya."

Artinya: " Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari sesat atau disesatkan, meremehkan atau diremehkan, menganiaya atau dianiaya, berlaku picik atau diperlakukan picik." (HR. Abu Daud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

Doa lain yang bisa diamalkan ketika akan masuk dan keluar rumah adalah sebagai berikut,

اللهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمُوْحِ وَخَيْرَ الْمُخْرِجِ بِسْمِ الله وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبَّنَا تَوَكَّلْنَا

" Allahumma inni as'aluka khayr al-mûlij wa khayr al- mukhrij bi ism Allâh walajnâ bi ism Allâh kharajnâ wa 'ala Allâh Rabbana tawakkalnā."

Artinya: " Ya Allah, aku memohon kepada-Mu sebaik-baik masuk (yakni kalau akan masuk) dan sebaik-baik keluar (yakni kalau akan keluar). Bismillah kami masuk, Bismillah kami keluar. Dan hanya kepada-Mu Ya Allah kami berpasrah diri." (HR. Abu Daud)

3 dari 3 halaman

Keutamaan Doa Keluar Rumah

Fadilah atau keutamaan membaca doa keluar rumah pastinya sangat banyak. Selain mengingatkan akan kebesaran Allah yang akan melindungi kita juga untuk meningkatkan ketaqwaan kita saat berserah diri kepada Allah SWT.

Berikut adalah beberapa keutamaan membaca doa saat hendak keluar rumah atau bepergian.

  • Kufita: seseorang akan dicukupkan dari semua urusan dunia dan akhirat.
  • Wuqiita: dijaga dari kejahatan musuh.
  • Hudiita: diberikan rezeki berupa hidayah yang terus mengalir kepadanya.

Semoga kita selalu berada dalam lindungan Allah SWT di manapun kita berada ya Diazens. So, jangan lupa untuk membaca doa keluar rumah setiap hendak bepergian.

 

Beri Komentar