Bacaan Niat Puasa Senin-Kamis, Arab. Latin, Arti Lengkap dengan Keutamannya

Reporter : Arifina
Kamis, 27 April 2023 14:07
Bacaan Niat Puasa Senin-Kamis, Arab. Latin, Arti Lengkap dengan Keutamannya
Ibadah sunnah yang banyak keutamannya, termasuk mendatangkan jodoh lho!

Bagi umat Muslim, tentunya tidak asing tentang melaksanakan ibadah sunnah puasa Senin-Kamis. Selain ibadah wajib puasa di bulan Ramadhan, puasa Senin-Kamis merupakan salah satu amalan sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Diriwayatkan hadist dari Aisyah RA, ia berkata, "Sesungguhnya Rasulullah SAW senantiasa menjaga puasa Senin dan Kamis." (HR Imam Bukhari, Muslim, At-Tirmidzi, An-Nasa'i, dan Ibnu Majah).

1 dari 11 halaman

Bahkan, terdapat pula penjelasan mengapa Rasulullah SAW terbiasa puasa Senin dan Kamis dalam HR. Ahmad sebagai berikut:

" Sesungguhnya, segala amal perbuatan dipersembahkan pada hari Senin dan Kamis, maka Allah akan mengampuni dosa setiap orang muslim atau setiap orang mukmin, kecuali dua orang yang bermusuhan. Maka Allah berfirman, 'Tangguhkan keduanya'." (HR. Ahmad).

2 dari 11 halaman

Apa Itu Puasa Senin-Kamis?

Sesuai dengan penamannya, puasa Senin-Kamis adalah ibadah puasa sunnah yang dilakukan pada dua hari tersebut. Selain puasa Senin Kamis, terdapat pula puasa sunnah lain yang bisa dilakukan umat Muslim di bulan lainnya setelah Ramadhan.

Di antaranya, puasa Syawal, Dzulhijjah, Tarwiyah, Arafah, Daud, 'Asyura, Ayyamul Bidh, dan Sya'ban. Puasa ini memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan ketaqwaan, membersihkan diri dari dosa, dan meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

3 dari 11 halaman

Niat Puasa Senin-Kamis

Bacaan Niat Puasa Senin-Kamis © Diadona

Pelaksanaan puasa Senin-Kamis tak berbeda dengan berpuasa di bulan Ramadhan. Hanya saja, dilakukannya cukup pada hari Senin dan Kamis.

Niat untuk puasa ini bisa dilafalkan pada pagi atau siang setelah waktu fajar selama tidak melakukan hal-hal yang membatalkan puasa.

4 dari 11 halaman

- Niat Puasa Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatal lillāhi ta'ālā.

Artinya: " Saya niat puasa sunah hari Senin karena Allah Ta'ala" .

- Niat Puasa Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal khamisi sunnatan lillāhi ta'ālā.

Artinya: " Saya niat puasa sunah hari Kamis karena Allah Ta'ala."

5 dari 11 halaman

Keutamaan Puasa Senin-Kamis

Bacaan Niat Puasa Senin-Kamis © Diadona

Banyak keutamaan yang didapatkan oleh umat Islam jika menjalankan ibadah sunnah puasa Senin-Kamis. Seperti,  menaikkan derajat manusia hingga menyehatkan tubuh. Menjalankan puasa Senin-Kamis berarti ikut juga meneladani perilaku Nabi Muhammad SAW.

Lantas, apa saja keutamaan puasa Senin-Kamis?

6 dari 11 halaman

1. Menjadi Perisai Jiwa

Menjalankan ibadah puasa, baik itu puasa wajib maupun sunnah dapat memberi pengaruh besar bagi kondisi kejiwaan seseorang. Puasa dapat membantu melatih kesabaran, menguasai diri, meredam hawa nafsu, serta meningkatkan kualitas ketaqwaan kepada Allah SWT.

Dengan berpuasa, kamu bisa melatih kekuatan jiwa secara rohani maupun jasmani. Puasa sebagai perisai jiwa, yang bertujuan untuk menghinadarkan diri dari hal-hal yang bisa mengantarkan pada perbuatan buruk..

7 dari 11 halaman

2. Untuk Menghindari Godaan Setan

Saat berpuasa, setipa Muslim akan menahan segala hal yang bisa membatalkan puasa. Dengan kata lain, kamu bakal lebih sabar dan lebih mampu mengontrol diri.

Berpuasa Senin-Kamis sekaligus sebagai satu cara menghindar dari godaan setan agar tidak terjerumus pada kemaksiatan.

8 dari 11 halaman

3. Meningkatkan Kesehatan

Berbagai enelitian menyebutkan, puasa dapat membantu mengurangi tingkat peradangan dan membantu meningkatkan kesehatan. Bahkan, dengan berpuasa selama satu bulan secara signifikan akan mampu menurunkan tingkat penanda peradangan.

Selain itu, manfaat puasa Senin-Kamis untuk kesehatan lainnya, antara lain meningkatkan kontrol gula darah, meningkatkan kesehatan jantung, hingga mampu meningkatkan fungsi otak.

9 dari 11 halaman

4. Hari Pengampunan dan Dibukanya Pintu Surga

Keutamaan lain dari puasa Senin-Kamis yakni diberikan pengampunan dari Allah SWT. Dalam sebuah hadits disbeutkan: " Diperlihatkan amal-amal pada setiap hari Kamis dan Senin. Maka Allah Azza wa Jalla pada hari itu mengampuni setiap orang yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu pun, kecuali orang yang bermusuhan dengan saudaranya.

Maka dikatakan, " Biarkan keduanya hingga berdamai, biarkan keduanya hingga berdamai." (HR Muslim).

10 dari 11 halaman

Tak hanya itu, puasa Senin-Kamis juga berbarengan dengan dibukanya pintu surga. Sehingga bagi umat Muslim yang menjalankannya berkesempatan mendapat pahala berlimpah seperti penjelasan dalam sebuah hadits berikut:

" Sesungguhnya pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Semua dosa hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu akan diampuni, kecuali bagi orang yang antara dia dan saudaranya terdapat kebencian dan perpecahan." (HR Muslim, No. 4652).

11 dari 11 halaman

5. Mempermudah Mendatangkan Jodoh

Manfaat lainnya bagi umat Muslim saat menjalankan puasa Senin-Kamis yang jarang diketahui, yaitu untuk mendatangkan jodoh. Karena, jodoh termasuk dalam rezeki Allah SWT yang tidak diketahui kedatangannya.

Nah, rutin melaksanakan puasa Senin-Kamis diklaim akan lebih dilancarkan dalam menemukan jodohnya. Meski belum diketahui pasti akan hadits tentang hal ini, namun Rasulullah SAW pernah bersabda, dengan mengerjakan puasa Senin-Kamis maka urusan jodoh akan diperlancar oleh Allah SWT.

Beri Komentar