Kumpulan Bacaan Doa Hujan, Arab, Latin, Beserta Arti dan Keutamannya

Reporter : Arifina
Rabu, 7 Juni 2023 15:37
Kumpulan Bacaan Doa Hujan, Arab, Latin, Beserta Arti dan Keutamannya
Membiasakan membaca doa ketika hujan banyak keutamannya lho!

Ketika turun hujan, umat Muslim dianjurkan untuk berdoa. Dengan mengamalkan doa hujan tujuannya tentu saja agar menjadi berkah.

Berdoa ketika hujan merupakan wujud rasa syukur umat manusia atas nikmat dan karunia yang diberikan Allah SWT. Nah, doa saat turun hujan yang bisa diamalkan adalah yang dicontohkan Rasulullah SAW dalam sejumlah hadist.

1 dari 10 halaman

Doa hujan © Diadona

Dalam sebuah hadist, Nabi Muhammad SAW bersabda, ada tiga kondisi yang dianjurkan bagi umat Islam untuk berdoa yang paling mustajab.

Tiga kondisi tersebut adalah saat bertemu dua pasukan, menjelang sholat, dan doa ketika turun hujan.

2 dari 10 halaman

اُطْلُبُوا اسْتِجَابَةَ الدُّعَاءِ عِنْدَ ثَلَاثٍ : عِنْدَ الْتِقَاءِ الْجُيُوشِ ، وَإِقَامَةِ الصَّلَاةِ ، وَنُزُولِ الْغَيْثِ

Artinya:

" Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan: bertemunya dua pasukan, menjelang sholat dilaksanakan, dan saat hujan turun." (H.R. Baihaqi)

Berikut diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber, kumpulan doa hujan yang bisa diamalkan!

3 dari 10 halaman

Kumpulan Doa Ketika Hujan

1. Doa Ketika hujan Turun

Doa hujan ini bisa dilafalkan setiap hujan turun sebagai permintaan agar penuh keberkahan. Doa hujan ini dirirwayatkan dalam hadist Bukhari nomor 1032, dari Ummul Mukminin, Aisyah radhiyallahu 'anha, mengatakan:

اللَّهُمَّصَيِّباًنَافِعاً

Allahumma shoyyiban nafi'an

Artinya: Ya Allah, turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat.

4 dari 10 halaman

2. Doa saat Hujan Lebat

Ketika hujan turun dengan lebat, maka ada doa yang dianjurkan dibaca agar terhindar dari mara bahaya. Hal itu berdasar pada Hadist Riwayat Bukhari, yakni doa ketika turun hujan lebat pernah dibaca Rasulullah SAW:

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya: Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan.

5 dari 10 halaman

3. Doa Ketika Hujan Disertai Angin Kencang

Berdoa ketika hujan turun dengan lebat disertai angin merupakan bentuk permintaan perlindungan kepada Allah SWT. Seperti doa yang diriwayatkan Imam Muslim dalam salah satu hadits, bahwa saat hujan disertai angin kencang Rasulullah SAW membaca sebuah doa berikut ini:

اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا اُرْسِلَتْ بِهِ

Allaahumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a'uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih

Artinya: Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.

6 dari 10 halaman

4. Doa Ketika Hujan Disertai Petir

Dari riwayat hadist Imam Malik, Rasulullah SAW dikatakan membaca doa ketika hujan disertai petir berikut:

سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ

Subhaanalladzii yusabbihur ro'du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya: Mahasuci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbihlah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya.

7 dari 10 halaman

5. Doa Meminta Hujan Reda

Doa meminta hujan reda ini pernah dibaca Nabi Muhammad SAW pada zamannya ketika mengalami kondisi hujan yang terus menerus tanpa henti. Hujan deras selama beberapa hari itu menyebabkan banyak akses jalan terputus, stok makanan membusuk dan aktivitas terhambat.

Nabi Muhammad SAW kemudian membaca doa kepada Allah SWt agar menolong umatnya sebagai berikut:

8 dari 10 halaman

اللَّهُمّحَوَالَيْنَاوَلَاعَلَيْنَا,اللَّهُمَّعَلَىالْآكَامِوَالْجِبَالِوَالظِّرَابِوَبُطُونِالْأَوْدِيَةِوَمَنَابِتِالشَّجَر

Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari

Artinya: Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan yang untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan. (HR Bukhari).

9 dari 10 halaman

Keutamaan Mengamalkan Doa Ketika Hujan

Doa hujan © Diadona

Berdoa saat hujan turun tidak semata-mata hanya untuk mendatangkan keberkahan. Namun, di momen ini umat Muslim bisa berdoa dan memohon akan keinginannya kepada Allah SWT.

Hal itu karena, berdoa saat turunnya hujan sangat besar keutamaannya. Waktu hujan diyakini sebagai salah satu yang mustajab untuk berdoa.

10 dari 10 halaman

Membaca doa ketika turun hujan juga merupakan sebuah amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Bahkan, umat Muslim dianjurkan pula untuk memperbanyak doa saat hujan turun.

Dalam hadist riwayat Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW berkata sebagai berikut:

" Sesungguhnya pintu-pintu langit dibuka saat perang fi sabilillah berkecamuk, turunnya hujan, ketika salat wajib, maka perbanyaklah berdoa pada waktu tersebut." (HR. Abu Hurairah).

Beri Komentar