Kumpulan Doa Hujan: Ketika Turun, Deras, Berhenti, Cuaca Buruk, dan juga Amalan Saat Hujan Turun

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 19 Juni 2023 11:00
Kumpulan Doa Hujan: Ketika Turun, Deras, Berhenti, Cuaca Buruk, dan juga Amalan Saat Hujan Turun
Saat hujan, berdoalah agar diturunkan hujan yang bermanfaat.

Agama Islam selalu mengajarkan untuk berdoa dan mengingat Allah di setiap kesempatan di dalam hidup. Tidak hanya di saat ibadah, di kegiatan sehari-hari seperti saat hujan pun akan sangat bagus jika kita berdoa dengan maksud mensyukuri nikmat dan mengingat kebesaran Allah SWT.

Berdoa saat hujan ini bisa kamu lakukan karena Rasulullah SAW juga melakukan hal ini semasa hidupnya. Berikut ini adalah beberapa doa hujan baik itu saat turun, saat hujan lebat, dan saat hujan reda.

Yuk simak beberapa kumpulan doa di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Doa Hujan sesuai Anjuran Nabi

Kumpulan Doa Hujan © Diadona

Pertama, mari ke doa saat hujan turun yang bisa kamu amalkan saat hujan baru saja turun. Diriwayatkan dalam hadits Bukhari nomor 1032, dari Ummul Mukminin, Aisyah radhiyallahu 'anha mengatakan:

اللَّهُمَّصَيِّباًنَافِعاً

'Allahumma shoyyiban nafi'an'

Artinya: Ya Allah, turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat.

Doa Saat Hujan Deras

Tidak hanya saat hujan turun, saat hujan deras pun kamu juga bisa memanjatkan doa seraya mengingat kebesaran Allah SWT. Berdasarkan Hadist Riwayat Bukhari, berikut ini doa ketika turun hujan lebat yang pernah dibaca Rasulullah SAW:

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya: Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan.

2 dari 5 halaman

Doa saat Cuaca Buruk

Kumpulan Doa Hujan © Diadona

Saat cuaca buruk ketika hujan seperti banyak petir dan angin kamu juga dianjurkan untuk berdoa. Seperti diriwayatkan dalam hadits Imam Malik, Nabi Muhammad SAW membaca doa ketika hujan diawali atau disertai petir berikut ini:

سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ

Subhaanalladzii yusabbihur ro'du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya: Mahasuci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbihlah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya.

Doa Meminta Hujan Berhenti

Hujan yang turun dari langit tidak bukan dan tidak lain adalah sebuah berkah yang harus disyukuri. Namun, jika dalam beberapa hari hujan belum reda, kamu bisa berdoa seperti apa yang dibaca Rasulullah saat menghadapi hujan dan meminta untuk reda.

Alkisah, di zaman Rasulullah SAW juga pernah terjadi hujan deras selama beberapa hari. Akibatnya, banyak akses jalan terputus, stok makanan membusuk, dan aktivitas umat terhambat.

Nabi kemudian memanjatkan doa pada Allah SWT untuk menolong umatnya:

اللَّهُمّحَوَالَيْنَاوَلَاعَلَيْنَا,اللَّهُمَّعَلَىالْآكَامِوَالْجِبَالِوَالظِّرَابِوَبُطُونِالْأَوْدِيَةِوَمَنَابِتِالشَّجَر

Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari

Artinya: Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan yang untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan. (HR Bukhari).

3 dari 5 halaman

Doa Meminta Hujan

Kumpulan Doa Hujan © Diadona

Jika berada dalam musim kemarau, hujan adalah satu-satunya hal yang dinanti. Alangkah baiknya, sambil menanti hujan turun kamu juga bisa berdoa untuk meminta hujan lekas turun.

Mengutip dari buku 5 Shalat Pembangun Jiwa oleh Nasrudin Abd Rohim, berikut ini merupakan doa yang bisa dipanjatkan untuk meminta hujan deras kepada Allah SWT.

اَللَّهُمَّ أَسْقِنَا غَيْثًا مُغِيْثًا مَرِيْئًا سرِيْعًا، نَافِعًا غَيْرَ ضَارٍّ، عَاجِلاً غَيْرَ آجِلٍ

Allahummasqinaa ghoitsan mughiitsan mariyyan sarii'an naafi'an ghoiro dhoorrin, 'aajilan ghoiro aajilin.

Artinya: " Ya Allah, turunkanlah kepada kami hujan deras yang penuh ketentraman, menyuburkan, bermanfaat, dan tidak membahayakan, yang segera datang dan tidak terlambat,"

4 dari 5 halaman

Amalan dan Sunnah saat Hujan

Selain anjuran untuk berdoa ketika hujan, ada juga loh beberap aamalan yang bisa kamu lakukan saat hujan turun. Apa saja amalannya? Berikut ini adalah beberapa yang bisa kamu lakukan.

Bersyukur saat Turun Hujan

Hujan adalah salah satu bentuk lnikmat dan juga berkah yang diberikan Allah SWT kepada hambanya. Dengan hujan turun, bukan hanya manusia yang merasakan nikmat, namun hewan dan juga tumbuhan juga bisa melanjutkan kehidupan.

Dari Aisyah radhiyallahu 'anha, beliau berkata " Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan 'Allahumma shoyyiban nafi'an' (Ya Allah, turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat).

Waktu Mustajab untuk Berdoa

Saat hujan turun adalah salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, ada tiga kondisi untuk berdoa yang paling mustajab, termasuk doa turun hujan. Tiga kondisi tersebut saat bertemu dua pasukan, jelang sholat, dan doa turun hujan.

5 dari 5 halaman

Mengingat Azab Allah

Sudah banyak contoh di mana hujan bisa mengakibatkan bencana alam yang luar biasa. Nah, saat hujan turun ini lah waktu yang tepat buat kita untuk sellau mengingat azab Allah SWT dan meminta ampunan-Nya.

Jangan Mencela Hujan

Hal ini sepertinya sudah jelas, hujan adalah berkah dan kita sebagai manusia tentunya tidak boleh mencela hal tersebut. Larangan mencela hujan juga berdasarkan hadist Rasulullah yang bersabda " Jangan lah kamu mencaci maki angin." Artinya, mencaci maki mahluk yang tidak dapat berbuat apa-apa, termasuk hujan merupakan hal terlarang.

Berdoa setelah Reda

Terakhir, untuk sunnah yang bisa kamu lakukan adalah dengan berdoa dan bersyukur saat hujan reda. Sekaligus meyakini jika baik turun atau berhentinya hujan adalah murni kuasa Allah SWT.

Sudahkah kamu selalu memanjatkan doa setiap hujan turun?

Beri Komentar