Cari Cari NISN Berdasarkan Nama secara Online, Bisa Untuk Semua Jenjang Pendidikan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 20 Juli 2022 22:12
Cari Cari NISN Berdasarkan Nama secara Online, Bisa Untuk Semua Jenjang Pendidikan
Cara cari NISN berdaarkan nama dilakukan di laman Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dengan cepat dan mudah

Cara cari NISN berdasarkan nama siswa bisa dilakukan asalkan kamu juga memiliki data berupa tempat tanggal lahir serta nama ibu kandung. Dua data tambahan tersebut penting sebagai proteksi agar data NISN siswa hanya bisa diakses oleh orang yang berkepentingan saja. Nah makanya nih ibu-ibu jangan oversharing tentang data pribadi anak di internet ya!

Pencarian NISN siswa bisa dilakukan melalui laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/. Tentang cara cari NISN berdaarkan nama serta pentingnya NISN bagi seorang siswa sendiri, yuk baca dulu ulasan Diadona yang telah dikutip dari berbagai sumber berikut ini:

1 dari 3 halaman

Cara Cari NISN Siswa Berdasarkan Nama

Untuk cara cari NISN siswa berdasarkan nama, kamu cukup hanya membutuhkan ponsel atau komputer dengan jaringan internet yang stabil serta peramban. Data yang harus disiapkan antara lain nama siswa, tanggal lahir dan juga nama ibu kandung.

Langkah yang harus dilakukan untuk cara cari NISN siswa dengan nama:

1. Buka laman NISN

Buka laman NISN dengan mengakses URL https://nisn.data.kemdikbud.go.id/ atau klik tautan berikut ini.

2. Pilih Menu Pencarian Berdasarkan Nama

Menu ini berada di pojok kanan atas. Atau kamu bisa copy dan paste tautan berikut di peramban dan jalankan. Atau agar lebih mudah, klik tautan berikut ini. 

Selanjutnya akan muncul tampilan seperti  ini:

Cara Cari NISN Berdasarkan NamaCara Cari NISN Berdasarkan Nama © Diadona.id

2 dari 3 halaman

3. Isi data

Cara cek NISN dengan nama berikutnya yakni dengan memasukkan data diri yang meliputi nama siswa, tempat dan tanggal lahir, serta nama ibu. Jagan lupa pastikan bahwa semua data yang kamu masukkan sudah benar.

4. Klik tombol ‘Cari Data’

Lalu tunggu sebentar dan data base akan segera menampilkan hasil pencarian sesuai dengan data yang baru saja kamu masukkan. Nantinya, NISN akan muncul di halaman layar.

Cara Cari NISN Berdasarkan NamaCara Cari NISN Berdasarkan Nama © Diadona.id

 

3 dari 3 halaman

Tujuan dan Manfaat NISN

Kalau warga negara di atas 17 tahun sudah memiliki nomor induk kependudukan sebagai identitas penduduk Republik Indonesia, begitu pula fungsi NISN ini bagis siswa. Dilansir dari laman Kemdikbud, NISN adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

Apakah semua siswa memiliki NISN ini? Yup, kecuali sekaolah mereka tidak memiliki NPSN dan nggak terdaftar di Kemdikbud.

Tujuan dan manfaat dari NISN ini antara lain:

  • Mengindentifikasi setiap indivisu siswa di semua sekolah dis eluruh Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan
  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini
  • Dengan data NISN ini akan menjadi sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan progarm perencanaan pendidikan dan lainnya baik itu di tingkt pusat hingga ke tingkat sekolah. Contohnya nih dengan adanya NISN ini data untuk Bantuan Operasional Sekolah, Ujian Nasional hingga SNMPTN ini akan lebih terintegrasi.

Cara cari NISN berdasarkan nama bisa dilakukan asalkan memiliki data tambahan lainnya. Jangan lupa untuk lindungi data diri anak Mom ya!

Beri Komentar