Cara Atasi Si Kecil yang Gak Suka Pakai Sandal

Reporter : Riza Umami
Rabu, 12 April 2023 15:45
Cara Atasi Si Kecil yang Gak Suka Pakai Sandal
Ini nih beberapa cara yang bisa Mom lakukan.

Memiliki balita yang tidak suka memakai sandal bisa menjadi masalah bagi orang tua. Selain menjadi alasan untuk memakai alas kaki yang lebih tertutup, seperti sepatu, tidak memakai sandal dapat membatasi aktivitas balita, terutama saat bermain di luar rumah.

Namun, dengan beberapa tips dan trik, Anda dapat membantu anak Anda melewati ketidaknyamanan dan membiasakan diri dengan memakai sandal. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah balita yang tidak suka memakai sandal.

1 dari 4 halaman

Kenali Penyebabnya

Coba cari tahu apa yang membuat anak Mom tidak suka memakai sandal. Apakah ada bagian sandal yang terasa tidak nyaman? Apakah dia tidak suka bahan atau warnanya? Dengan mengetahui penyebabnya, Mom dapat mencari solusi yang tepat.

Ajak Balita untuk Memilih Sandal yang Ia Suka

Biarkan anak Mom memilih sendiri sandal yang mereka sukai, sehingga mereka merasa memiliki kontrol atas keputusan tersebut dan merasa lebih nyaman memakainya. Dengan begini, anak pun jadi makin suka mengenakan sandal yang ia suka tersebut.

2 dari 4 halaman

Ajak Anak untuk Memakai Sandal di Dalam Rumah

Ilustrasi Sandal Anak © Diadona

Biarkan anak Mom memakai sandal di dalam rumah terlebih dahulu untuk membiasakan diri dengan sensasi memakai sandal. Hal ini juga akan membantu Mom memastikan bahwa sandal yang dipilih anak benar-benar nyaman untuk ia gunakan.

3 dari 4 halaman

Berikan Motivasi untuk Anak

Berikan motivasi atau pujian setiap kali anak Mom mau memakai sandal. Ini dapat membantu mengubah perilaku anak dan memotivasinya untuk memakai sandal lebih sering daripada biasanya. Sesekali Mom juga bisa memberikan anak reward kecil seperti memasakkan makanan kesukaannya dan lain-lain.

Jangan Memaksa Buah Hati

Ilustrasi Sandal Anak © Diadona

Jangan memaksa anak Mom untuk memakai sandal jika mereka benar-benar tidak nyaman dengan itu. Hal tersebut malah bisa membuat anak jadi trauma untuk pakai sandal. Cobalah untuk mencari alternatif, seperti sandal yang lebih lucu dengan bahan yang lebih lembut.

4 dari 4 halaman

Jika anak masih terus tak mau pakai sandal, Mm bisa berkonsultasi dokter anak untuk mencari tahu apakah ada masalah medis atau sensitivitas tertentu yang membuat anak tidak suka memakai sandal.

Ingatlah bahwa setiap anak berbeda, dan tidak semua metode akan berhasil untuk semua anak. Tetaplah sabar dan terus mencoba sampai Mom menemukan solusi yang tepat untuk buah hati ya.

Beri Komentar