Beberapa Manfaat Permainan Balok untuk Si Kecil

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 28 November 2020 08:17
Beberapa Manfaat Permainan Balok untuk Si Kecil
Apa saja ya manfaatnya?

Saat ini, permainan balok ada berbagai jenis seperti yang berabjad, berwarna dan lain sebagainya. Ternyata, salah satu permainan yang sederhana ini memiliki beberapa manfaat untuk anak bila dilihat dari segi medis.

Permainan balok ini bisa digunakan ibu untuk melatih perkembangan fisik dan juga otak anak. Meski terlihat biasa saja, tetapi permainan yang satu ini bisa sangat berguna untuk tumbuh kembang anak.

Ilustrasi Anak Bermain

1 dari 2 halaman

Dilansir dari laman klikdokter.com, menurut sebuah penelitian, anak yang bisa menyusun balon sesuai dengan contoh, ternyata dia mampu untuk menyelesaikan soal matematika sederhana dengan baik. Ini berarti permainan yang satu ini bisa digunakan untuk mengembangkan kemampuan matematika anak.

Selain itu, permainan balok ini juga bisa melatih kemampuan motorik anak. Hal ini disebabkan karena permainan ini menuntut anak untuk bisa membangun balok dengan posisi yang tepat dan tidak sampai roboh. Bila anak sering memainkannya, koordinasi mata dan tangan anak pun akan makin meningkat dengan tajam.

Ilustrasi Anak Bermain © Diadona

Kemudian, permainan ini juga bisa menstimulasi mental. Hal ini disebabkan karena anak tentu butuh sebuah strategi dalam membangun balok ini agar tidak sampai roboh. Dia pun akan berpikir strategi apa yang tepat untuk dia gunakan pada balok-balok tersebut. Dari situlah, cara berpikir anak pun ikut berkembang.

2 dari 2 halaman

Yang pasti, kreativitas anak pun ikut meningkat ketika dia sering bermain permainan yang satu ini. Saat anak bermain balok, dia bisa membuat atau membangun bentuk apa saja yang dia inginkan. Kreativitas anak pun akan meningkat ketika dia mampu membuat banyak bentuk dari balok-balok tersebut.

Ilustrasi Anak Bermain Lego © Diadona

Terakhir, permainan balok pun bisa digunakan untuk melatih kesabaran anak. Meski sudah capek-capek membangun dari balok-balok itu, terkadang kalau ada yang susunannya tidak pas, bangunannya pun bisa roboh dan anak harus menyusunnya lagi. Dari sinilah, kesabaran anak ikut dilatih saat menyusun balok-balok tersebut.

Nah, itulah beberapa manfaat dari permain balok ini untuk anak-anak. Selamat bermain balok dengan si kecil ya Mom. Semoga ulasan ini membantu.

Beri Komentar