Cara Membuat Tempat Pensil dari Kain Flanel untuk Anak, Praktis dan Terlihat Unik

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 14 Agustus 2020 09:17
Cara Membuat Tempat Pensil dari Kain Flanel untuk Anak, Praktis dan Terlihat Unik
Inilah cara membuat tempat pensil dari kain flanel, cocok untuk dipakai si kecil.

Memiliki banyak barang dalam sebuah hunian tentu akan membuat para pemilik rumah terus membereskannya, apalagi banyak alat tulis yang berceceran sehingga membuat meja kerja atau kamar terlihat tidak rapi.

Tenang, daripada kamu beli wadah baru untuk menampung semua barang yang berserakan, alangkah baiknya kamu membuat sendiri. Salah satunya ialah memanfaatkan kain flanel.

Kain flanel merupakan satu di antara banyak material yang bisa digunakan untuk membuat kerajinan tangan seperti bros dari kain flanel. Nah, untuk kali ini kamu juga bisa memanfaatkannya pada penerapan cara membuat tempat pensil dari kain flanel.

Lalu, gimmana caranya? Langsung saja simak ulasan berikut ini tentang cara membuat tempat pensil dari kain flanel yang mudah dan sederhana, yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Tempat Pensil dari Kain Flanel Sederhana

Cara Membuat Tempat Pensil dari Kain Flanel © Diadona

Cara membuat tempat pensil dari kain flanel bisa kamu jadikan beberapa bentuk, seperti model saku ataupun diberi hiasan pita. Sehingga hal ini tidak membatasi kreativitasmu untuk membuat kerajinan tangan yang bagus.

Bahkan, anak-anak pun bisa melakukan cara ini sendiri lho! Penasaran? Berikut cara membuat tempat pensil dari kain flanel sederhana, cocok bagi pemula yang tidak terlalu pandai menjahit.

Sebelum membuatnya, siapkan alat dan bahan-bahannya terlebih dahulu:

- Kain Flanel
- Jarum dan Benang
- Kancing
- Gunting dan Pita

Kalau semua alat dan bahan yang dibutuhkan telah tersedia, ikuti langkah-langkah berikut cara membuat tempat pensil dari kain flanel yang berbentuk saku.

1. Langkah pertama cara membuat tempat pensil dari kain flanel sederhana ialah potong kain flanel dengan panjang dan lebar yang sesuai dengan ukuran pensil serta bolpen kamu.

2. Selanjutnya jahit  setiap sisi tempat pensil menggunakan jarum dan benang. Dalam hal ini, kamu juga bisa mengajari anak belajar menjahit lho, Moms.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Tempat Pensil dari Kain Flanel © Diadona

3. Jahit kancing dengan jarum dan benang, fungsi kancing ini nantinya akan menjadi 'kunci' untuk tempat pensilmu. Jadi, jahitlah sesuai dengan tempat yang kamu inginkan.

4. Cara membuat tempat pensil dari kain flanel berikutnya adalah potong bagian tutup tempat pensil ini berbentuk garis atau lubang, sebab lubang ini nantinya akan dikaitkan dengan kancing yang sudah kamu buat sebelumnya untuk menutup tempat pensil supaya tidak berserakan isinya.

5. Agar tidak terlalu polos, kamu juga bisa menambahkan pernak-pernik seperti bunga mawar dari kain flanel, lalu jahitlah di bagian tepi tempat pensilmu.

6. Terakhir, tambahkan aksesoris atau payet untuk mempercantik tampilan tempat pensil berbentuk saku ini. Taraaa! cara membuat pensil dari kain flanel buatanmu pun siap dipakai, gampang kan?

Cara membuat tempat pensil dari kain flanel yang pertama ini bisa kamu jadikan inspirasi untuk kegiatan saat akhir pekan bareng keluraga. Jadi, kamu tidak akan merasa bosan deh.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Tempat Pensil dari Kain Flanel tanpa Resleting

Cara Membuat Tempat Pensil dari Kain Flanel © Diadona

Selain berbentuk saku, kamu juga bisa menghasilkan bentuk lainnya dari cara membuat tempat pensil dari kain flanel tanpa resleting. Yaps, tempat pensil yang bisa digulung.

Di dalam tempat pensil unik ini, kamu akan memberikan slot khusus untuk menempatkan bolpen dan pensil. Tapi, meski terdengar sederhana, namun untuk membuat bentuk yang satu ini tentu juga membutuhkan keterampilan menjahit yang cukup tinggi.

Sebelum membuatnya, siapkan alat dan bahan-bahannya terlebih dahulu, seperti:

- pita
- mesin jahit
- gunting
- benang
- pembolong kertas
- jarum
- kain flanel yang teksturnya agak tebal

Nah, setelah semua bahan dan alat yang dibutuhkan telah tersedia, berikut cara membuat tempat pensil dari kain flanel tanpa resleting yang mudah dicoba.

1. Langkah pertama cara membuat tempat pensil dari kain flanel ialah potong kain flanel menjadi dua bentuk persegi panjang yang sama ukurannya, lalu tandai salah satu kain flanel dengan pembolong kertas sekitar ½ inch dari bagian tepi kain.

2. Setelah itu, beri tanda dengan bolongan di bagian atas dan bawah garis di setiap jarak ¾ inch. Pastikan bolongan ini juga berakhir di titik yang juga berjarak ½ inch dari tepi.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Tempat Pensil dari Kain Flanel © Diadona

3. Selanjutnya, ambil kain flanel yang tidak dilubangi lalu tumpuk dengan kain flanel yang sudah dilubangi. Kemudian, jahit di setiap tepi kedua kain flanel supaya keduanya tetap melekat.

4. Cara membuat tempat pensil dari kain flanel berikutnya adalah jahit garis lurus di samping setiap lubang yang sudah dibuat sebelumnya guna memisahkan satu pensil dengan pensil lainnya.

5. Kemudian, jahitlah pita di bagian luar kain flanel. Pita ini nantinya akan digunakan untuk mengikat tempat pensil ini.

6. Terakhir, masukkan pensil dan bolpen ke dalam kain lubang yang tadi sudah dibuat. Taraaa! tempat pensil berbentuk gulungan sudah selesai. Lucu kan?

Perlu dicatat, untuk mempercepat cara membuat tempat pensil dari kain flanel berbentuk gulungan ini, sebaiknya kamu menggunakan mesin jahit. Sebab, ada banyak bagian yang harus dijahit pada tempat pensil ini.

Itulah cara membuat tempat pensil dari kain flanel yang mudah dan sederhana, cocok untuk mengisi waktu luang bareng keluarga. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar