Bolehkah Minum Kopi saat Menyusui? Ini Penjelasannya

Reporter : Audila Rima Ndani
Minggu, 21 Juni 2020 07:37
Bolehkah Minum Kopi saat Menyusui? Ini Penjelasannya
Udah pengen banget kopi, tapi aman gak ya?

Minum kopi sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang di dunia. Bahkan beberapa pecinta kopi rasanya nggak bisa sehari aja nggak menikmati minuman tersebut.

Selain pria, banyak juga wanita yang hobi mengonsumsi minuman yang mengandung kafein ini. Tapi kalau dikonsumsi saat sedang menyusui si kecil kira-kira masih aman nggak ya?

Dilansir dari Boldsky, saat hamil biasanya calon ibu akan lebih mengontrol makanan dan minuman yang mereka konsumsi untuk menjaga perkembangan janin dalam kandungan. Banyak dari kita yang memastikan agar nggak makan atau meminum sesuatu yang berbahaya untuk bayi. Lalu bagaimana dengan masa menyusui?

1 dari 4 halaman

ilustrasi menyusui © Diadona

Sebenarnya hal itu juga harus tetap diterapkan meski bayi sudah lahir dan kita mulai menyusui mereka. Saat kita menyusui, bayi akan sepenuhnya bergantung pada nutrisi yang kita miliki. Terutama jika kita memberi mereka ASI eksklusif.

Saat kita menyusui, nggak mengejutkan kalau apa yang kita makan juga akan diterima oleh bayi. Banyak yang percaya bahwa sebagian dari apa yang kita makan akan masuk ke aliran darah dan sebanyak satu persen akan masuk ke dalam ASI. Selain itu banyak juga yang mengatakan jika kita mengonsumsi makanan sehar saat menyusui maka bayi juga akan menyukai makanan itu saat tumbuh dewasa.

2 dari 4 halaman

kopi © Diadona

Sementara kafein pada kopi adalah zat yang berpotensi membahayakan bayi. Dokter menyarankan agar konsumsi kafein dihindari atau paling enggak dikurangi saat hamil dan menyusui.

Bagi para pecinta kopi, minuman ini bagai sebuah kebutuhan untuk menemani hari-hari mereka. Nggak akan mudah untuk berhenti mengonsumsinya.

Tapi kita juga harus tahu bahwa efek kafein pada bayi memang nggak bagus. Setiap bayi mungkin punya sensitivitas sendiri terhadap kandungan ini.

3 dari 4 halaman

Benarkah Ibu Menyusui di Larang Minum Kopi? © Diadona

Beberapa bayi nggak menunjukkan reaksi terhadapnya. Tapi beberapa bayi juga mengalami banyak masalah dari hal itu.

Pada dasarnya tubuh bayi nggak cukup berkembang untuk menghilangkan kafein. Jadi saat ASI ibu mengandung kafein dalam jumlah tertentu, mereka akan menumpuk di tubuh bayi.

Penumpukan kafein bisa menyebabkan bayi selalu terbangun dan mudah marah. Bayi juga sangat mungkin menunjukkan kondisi hiperaktif dan gelisah.

4 dari 4 halaman

Makanya jika kita masih dalam fase menyusui, sebaiknya tahan-tahan dulu untuk mengonsumsi kopi. Hal itu tentunya dilakukan demi keselamatan bayi kita.

Semoga informasi ini bisa menjawab rasa penasaran kamu ya!

Beri Komentar