Bikin Anak Punya Kebiasaan Ngemil yang Baik ala Paddle Pop

Reporter : Audila Rima Ndani
Sabtu, 27 Februari 2021 15:37
Bikin Anak Punya Kebiasaan Ngemil yang Baik ala Paddle Pop
Memperingati Hari Gizi Nasional, Paddle Pop beri tips menumbuhkan kebiasaan ngemil yang baik pada anak.

Menjaga kesehatan anak sudah menjadi kewajiban kita sebagai orang tua. Salah satu hal yang bisa memengaruhi kondisi kesehatan anak adalah makanan yang mereka konsumsi.

Sebagai orang tua, kita tentu harus memastikan agar anak hanya memakan makanan yang bersih dan mengandung nutrisi yang baik. Tapi seringkali kita kecolongan saat memberikan cemilan untuk anak.

Nggak semua cemilan mengandung nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh anak-anak lho. Untuk memperingati Hari Gizi Nasional yang jatuh pada tanggal 28 Februari, Paddle Pop memberikan tips untuk para menumbuhkan kebiasaan nyemil yang baik pada anak.

1 dari 4 halaman

Seputar Ngemil Sehat

Ilustrasi Anak Makan Camilan © Diadona

Pada dasarnya lambung anak lebih kecil dari orang dewasa sehingga mengonsumsi makanan pokok aja nggak cukup untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Sebagai orang tua, kita bisa membantu melengkapi gizi anak melalui cemilan.

Menurut dokter anak, 15-25% penyakit anak-anak disebabkan oleh pola makan yang kurang tepat. Mengonsumsi cemilan yang kurang sehat juga termasuk di dalamnya.

Untuk mendukung kebiasaan ngemil yang baik, Paddle Pop meluncurkan komitmen brand es krim anak dari Unilever Indonesia, meluncurkan komitmen #CemilanBaikUntukmu. Melalui komitmen ini, semua es krim Paddle Pop dibuat khusus sesuai standar nutrisi tinggi dengan kebaikan susu dan buah, serta mengandung tidak lebih dari kalori 110kkal, 12 gram gula dan 3 gram lemak jenuh, untuk memenuhi asupan nutrisi sesuai kebutuhan anak.

2 dari 4 halaman

Tips Membiasakan Anak Ngemil Sehat

Ilustrasi Anak Makan Camilan © Diadona

Menurut dr. Attila Dewanti, Sp.A (K), dokter spesialis anak di RS Brawijaya Antasari, nggak pernah ada kata terlambat untuk menumbuhkan kebiasaan ngemil yang baik pada anak.

" Ketika anak-anak lebih banyak beraktivitas di rumah seperti saat pandemi ini, ia cenderung mengkonsumsi lebih banyak cemilan karena rasa bosan beraktivitas seharian di rumah. Sebaliknya, ini dapat menjadi momentum emas bagi orang tua untuk menumbuhkan kebiasaan baru, yakni memilih cemilan yang lebih baik. Hal yang paling penting adalah, orang tua harus bisa memberikan teladan yang baik, karena anak-anak akan meniru gaya hidup atau pola ngemil orangtuanya."

Jadi penting untuk memulai kebiasaan ini mulai dari sekarang. Berikut beberapa tips dari Paddle Pop yang bisa kita lakukan untuk membiasakan anak ngemil sehat.

3 dari 4 halaman

Kalori Paddle Pop © Diadona

1. Libatkan anak dalam pemilihan cemilan

Agar anak semakin paham tentang berbagai jenis cemilan yang ada, kita bisa melibatkan mereka dalam proses pemilihannya. Kita bisa membuat jadwal mingguan untuk berdiskusi tentang camilan apa saja yang anak inginkan.

Sambil kita berdiskusi, kita bisa menjelaskan pada anak tentang baik atau tidaknya cemilan itu untuk dikonsumsi. Selalu berikan alasan yang bisa dimengerti anak saat melarang atau menyuruh anak makan cemilan tertentu.

2. Catat cemilan favorit anak dan bandingkan kandungannya

Anak tentu punya cemilan favorit yang sangat mereka suka. Penting bagi kita untuk mengetahui kandungan dari cemilan-cemilan kesukaan anak, apakah sudah bergizi atau terlalu banyak mengandung kalori dan gula.

Evaluasi kebiasaan ngemil selama ini dengan membuat tabel yang sederhana untuk ditempel di pintu kulkas. Dengan tabel informatif ini, ajari anak membandingkan dan memilih cemilan paling baik untuk sesi ngemil berikutnya.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Anak Makan Camilan © Diadona

3. Sesuaikan dengan selera anak

Pilihan cemilan yang ada di pasaran memang sangat beragam tapi nggak semua baik untuk dikonsumsi. Memilih cemilan yang baik bukan berarti memaksakan anak-anak mengkonsumsi makanan yang kurang mereka sukai.

Tugas kita adalah memilih cemilan yang disukai anak, tapi dengan mengatur porsi atau memilih kandungan yang tepat untuk kebiasaan tubuhnya. Misalnya, jika anak gemar menikmati es krim, pilihlah es krim yang mengandung kebaikan susu dan buah seperti Paddle Pop, yang bisa membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

4. Bikin sesi edukasi jadi fun dengan permainan

Mengajari anak tentang cemilan baik bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan lho! Misalnya dengan bermain ular tangga ataupun mengisi teka-teki silang yang seru.

Faktanya, anak-anak belajar dengan menggunakan 5 indera mereka, mulai dari sentuhan, visual, hingga pendengaran. Oleh karena itu, belajar dengan bermain menjadi cara efektif untuk menanamkan pengetahuan baik ke dalam mindset anak.

5. Berikan teladan yang baik

Orang tua merupakan contoh yang akan ditiru oleh anak-anaknya bahkan hingga mereka dewasa. Apapun yang kita lakukan dan katakan akan menentukan karakter sikap, kepercayaan, dan bahkan pola gaya hidup anak.

Jika kita ingin mengubah kebiasaan ngemil anak, maka kita juga harus menjadi teladan yang baik buat mereka di rumah. Caranya adalah dengan menunjukkan bahwa kita juga mengonsumsi cemilan yang baik sesuai dengan kebutuhan gizi harian, dengan porsi yang proporsional.

Semoga tips dari Paddle Pop ini bisa membantu ya, Moms!

Beri Komentar