YouTube Rilis Fitur Baru untuk Atur Sendiri Konten yang Bisa Dilihat Anak

Reporter : Audila Rima Ndani
Jumat, 26 Februari 2021 15:37
YouTube Rilis Fitur Baru untuk Atur Sendiri Konten yang Bisa Dilihat Anak
Kini mengatur konten di Youtube anak akan semakin mudah, Moms!

Di era serba digital saat ini, penggunaan gadget pada anak-anak kini sudah menjadi hal yang cukup umum dilakukan. Sebagai orang tua, mau nggak mau kita memang harus menerima perubahan ini.

Kalau dulu mungkin anak merengek untuk dibelikan mainan, kini mungkin lebih banyak yang minta dibelikan gadget untuk mengakses permainan dan banyak aplikasi lainnya. Salah satu aplikasi yang cukup populer diakses oleh anak-anak adalah YouTube.

Menghadirkan konten video yang tentunya mudah membuat anak-anak tertarik, Youtube juga mengupayakan agar aplikasi ini ramah digunakan oleh anak-anak. YouTube Kids menjadi salah satu fitur YouTube yang membantu orang tua untuk melakukan filter pada konten yang akan dilihat anak-anak.

1 dari 3 halaman

ilustrasi anak dan gadget © Diadona

Dilansir dari Moms.com, YouTube kembali merilis fitur baru untuk membantu orang tua mengatur konten yang boleh dilihat oleh anak. Seperti yang kita ketahui, internet adalah pedang bermata dua bagi banyak orang tua dan penggunaan pada anak-anak harus terus diawasi.

Kekhawatiran orang tua tentang paparan internet pada anak tentu berkaitan dengan bahaya dan eksploitasi yang bisa ditimbulkan. Makanya perlindungan dari aplikasi itu sendiri tentu diharapkan oleh setiap orang tua di dunia.

2 dari 3 halaman

ilustrasi anak dan gadget © Diadona

Menurut The Verge, YouTube memulai " shared experiences" yang akan memberikan kontrol pada orang tua tentang apa yang harus atau nggak boleh ditonton oleh anak-anak. Sebagai aplikasi populer, beberapa konten di YouTube tentu nggak aman atau sesuai untuk anak-anak.

YouTube berharap filter baru ini akan membantu orang tua yang anaknya siap untuk keluar dari aplikasi YouTube Kids. Tujuannya adalah agar orang tua perlahan-lahan bisa memperkenalkan anak pada konten yang lebih sesuai dengan usia tanpa memberi mereka akses ke seluruh situs web.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi anak dan gadget © Diadona

Berikut adalah tiga tingkap ketelitian dari fitur baru YouTube:

- Tingkat pertama dikenal sebagai tingkat " jelajahi" , dan akan berisi video yang sesuai untuk anak-anak berusia 9 tahun ke atas.

- Tingkat berikutnya adalah " mengeksplorasi lebih banyak," untuk anak-anak berusia 13 tahun ke atas.

- Tingkat terakhir adalah " sebagian besar dari YouTube" , yang berarti apa saja kecuali materi yang sudah dibatasi usia.

Semoga informasi ini bisa membantu ya, Moms!

Beri Komentar