5 Cara Mengajari Bayi Agar Mulai Merangkak

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 26 Oktober 2020 10:37
5 Cara Mengajari Bayi Agar Mulai Merangkak
Kita bisa membantu bayi agar segera merangkak dengan cara ini.

Menjadi orang tua membuat kita harus belajar setiap hari. Kita harus mulai mengerti tahapan-tahapan perkembangan yang harus dilalui oleh anak setelah mereka lahir.

Merangkak merupakan salah satu tahap perkembangan yang penting sebelum anak mulai belajar berdiri dan berjalan. Meskipun kebanyakan bayi melakukan hal ini secara alami, namun beberapa di antara mereka justru terlambat mengalaminya.

Hal ini tentu wajar karena setiap bayi punya tahap perkembangan yang berbeda-beda. Namun, sebagai orang tua kita bisa membantu anak dengan mendorong mereka untuk bisa merangkak.

Dilansir dari Boldsky.com, umumnya bayi mulai merangkak pada usia antara 4 dan 6 bulan. Jika belum ada tanda-tanda, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mendorong bayi agar mulai merangkak.

1 dari 5 halaman

Kurangi penggunaan alat bantu jalan dan menggendong

Ilustrasi bayi di dalam mobil © Diadona

Langkah pertama untuk membantu bayi agar bisa merangkak sendiri adalah dengan mengurangi penggunaan alat bantu jalan. Selain itu kita juga sebaiknya nggak terlalu sering menggendong mereka dan membiarkan anak berada di lantai.

Bayi yang nggak banyak menghabiskan waktunya di lantai ternyata bisa membutuhkan waktu lebih lama untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam merangkak. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kemampuan bergerak dan berjalan mereka.

2 dari 5 halaman

Merangkak bersama bayi di lantai

ilustrasi bayi merangkak © Diadona

Bayi tentu akan lebih cepat belajar dengan meniru apa yang mereka lihat. Saat mereka melihat orang di sekitarnya ikut merangkak di lantai, mereka akan mulai mengikuti tindakan itu.

Bayi mungkin meniru gerakan kita dan mencoba merangkak. Selain itu kita juga bisa memancingnya dengan meletakkan mainan di jarak aman agar bayi bisa berusaha merangkak ke arah mainannya.

3 dari 5 halaman

Latih bayi untuk tengkurap

ilustrasi bayi ngiler © Diadona

Dengan tengkurap, bayi bisa mengembangkan kekuatan otot di bahu, lengan, punggung dan tubuh. Hal ini bisa membantu mereka belajar merangkak.

Pada awalnya, beberapa bayi memang cenderung nggak suka saat tengkurap. Makanya kita harus meluangkan waktu untuk melatih mereka tengkurap.

4 dari 5 halaman

Berikan tempat yang nyaman untuk bayi

ilustrasi bayi di rumah © Diadona

Kita harus bisa memberikan tempat yang nyaman bagi bayi untuk melakuka eksplorasi. Siapkan ruang yang rapi dan lantai yang bersih dengan mainan dan barang-barang yang disukai bayi dan aman.

Area tanpa karpet merupakan tempat yang paling baik untuk bayi. Hal itu akan membantu pergerakan bayi menjadi lebih lancar.

5 dari 5 halaman

Biarkan bayi bermain di depan cermin

Ilustrasi Bayi © Diadona

Bayi cenderung punya rasa ingin tahu yang tinggi saat berada di depan cermin. Membiarkan mereka bermain di depan cermin dapat membantu mendorong bayi untuk merangkak.

Bayi pasti ingin melihat bayangan mereka dan segera menjangkau cermin. Tapi jangan lupa untuk tetap mengawasi mereka ya!

Semoga informasi ini bisa membantu kamu!

Beri Komentar