Cara Membantu Anak yang Takut Pelajaran Matematika

Reporter : Riza Umami
Selasa, 27 Oktober 2020 13:17
Cara Membantu Anak yang Takut Pelajaran Matematika
Ini yang perlu dilakukan.

Pelajaran matematika kerap menjadi momok tersendiri bagi anak. Mapel yang satu ini memang sulit apalagi untuk anak-anak yang tak suka matematika, bahkan takut dengan pelajaran tersebut.

Dilansir dari Texas Instrument Education Technology, 24 persen anak memang begitu membenci matematika. Sebagian anak mungkin menganggap pelajaran yang satu ini menantang apalagi dengan soal yang makin sulit. Namun, pada sebagian anak lainnya, mereka justru mengalami 'math anxiety'.

Seorang psikolog dari laman klikdokter.com, bernama Gracia Ivonika, M.Psi., mengatakan kalau 'math anxiety' ini sebenarnya adalah suatu kondisi di mana seorang anak merasakan emosi negatif berlebih seperti cemas, takut, sedih, dan frustasi ketika berusaha untuk memecahkan soal matematika.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak Belajar © Diadona

Bila anak mengalami hal ini, ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk membantu anak agar tidak takut matematika. Beberapa langkah yang dianjurkan oleh Gracia Ivonika ini salah satunya yaitu bekerja sama dengan guru. Coba berbicara pada guru perihal anak yang mengalami 'math anxiety' ini agar perlahan guru juga bisa membantu di sekolah.

Berikutnya, buat pelajaran matematika ini agar terasa menyenangkan bagi anak, misalnya ibu bisa mencoba dengan permainan atau kuis tentang matematika sehingga anak akan belajar sambil bermain. Pasti lama-kelamaan dia jadi menikmati belajar matematika.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak Belajar Membaca © Diadona

Selanjutnya, berikan dukungan secara fisik dan juga emosional pada anak. Saat anak kesulitan dengan sebuah soal, coba ibu bantu jelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak kemudian memintanya untuk mencoba sendiri pada soal yang serupa. Selain itu, jangan lupa berikan apresiasi ketika anak berhasil menyelesaikan soal tersebut sehingga dia jadi makin semangat.

Yang tak kalah penting, anak tentu juga butuh istirahat yang cukup di samping belajar dengan giat. Pastikan dia tak sampai kelelahan. Kemudian, ajak anak bermain juga dan jangan hanya memintanya untuk terus belajar karena pasti dia bisa jadi bosan.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak Belajar © Diadona

Dalam membantu anak dengan pelajaran matematikanya pun, jangan sampai ibu terbawa emosi sampai memarahi anak ketika dia tak bisa mengerjakan sebuah soal meski sudah diajari berkali-kali. Jika dirasa mengajari anak terlalu bikin emosi, ibu bisa memilih cara yang lebih mudah dengan memintanya ikut kursus matematika.

Yang perlu diingat, semua butuh waktu termasuk dalam membantu anak yang takut atau tak bisa matematika agar menyukai pelajaran tersebut. Selamat mencoba dan semoga membantu.

Beri Komentar