Apa yang Harus Ibu Lakukan Saat Buah Hati Diejek Jelek?

Reporter : Riza Umami
Senin, 26 Oktober 2020 18:17
Apa yang Harus Ibu Lakukan Saat Buah Hati Diejek Jelek?
Mulutnya jahat banget.

Ada saja orang yang kalau ngomong terlalu blak-blakan dan tanpa dipikir dulu. Terkadang perkataannya ini bisa menyakitkan di hati, apalagi kalau udah menyangkut anak. Salah satu komentar paling jahat misalnya ketika buah hati dibilang 'jelek'.

Tentu setiap ibu akan marah mendengarkan perkataan seperti itu tertuju pada anaknya. Bukan hanya dilontarkan oleh teman anak atau rekan ibu, tetapi di zaman yang serba canggih ini, bullyan perihal fisik itu bisa sangat mudah terjadi melalui media sosial.

1 dari 3 halaman

ilustrasi anak sedih © Diadona

Lantas, apa yang harus ibu lakukan ketika anak diejek jelek seperti itu oleh orang lain? Dilansir dari laman ayahbunda.co.id, ada beberapa hal yang bisa ibu lakukan dalam situasi tersebut.

Pertama, cobalah untuk menunjukkan empati ibu terhadap kesedihan anak ini. Tentu ia akan merasa sedih, ketika ada orang yang mengatainya jelek. Dekati anak dan perlahan katakan bahwa ibu tahu akan kesedihannya tersebut. Lalu, tanyakan pada dia apakah perbuatan orang yang mengejeknya itu benar atau salah. Dari sini, ibu juga bisa mengajari anak bahwa mengejek orang lain itu adalah perbuatan yang tidak baik sehingga tak boleh ditiru.

2 dari 3 halaman

Berikutnya, ibu perlu mencoba untuk menghibur anak dengan kata-kata yang menenangkan. Ibu bisa menjelaskan bahwa jelek atau cantik itu sebenarnya relatif. Meski orang yang mengejeknya itu mengatakan dia jelek, tetapi bagi ibu tentu anaknya ini adalah yang paling cakep, bagi kakek dan neneknya pun demikian.

Ilustrasi Anak Sedih © Diadona

Selain itu, katakan pula bahwa jelek atau tidaknya seseorang juga bisa dilihat dari perilaku dan sifatnya, misalnya anak yang suka mengejek temannya itu punya kepribadian yang jelek, begitu pula yang sebaliknya. Ibu pun bisa mengajari anak agar berperilaku yang baik agar disenangi orang-orang di sekitarnya.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya, cobalah untuk mendampingi anak. Misalnya, jika yang mengejek anak ini adalah teman sekolahnya, ibu bisa datang ke sekolah bersama anak. Saat ada ibu di samping anak, biasanya temannya yang mengejek ini tak akan berani mengata-ngatai anak. Hal ini pun akan memberikan kekuatan pada buah hati agar dia makin percaya diri.

Ilustrasi Anak Sedih © Diadona

Kemudian, ibu pun perlahan perlu bicara pada orang yang mengejek anak. Bila anak diejek jelek oleh tetangga ibu sendiri, cobalah perlahan untuk berbicara pada orang tersebut. Tanyakan kenapa dia tega mengatai anaknya jelek seperi itu dan tanya pula bagaimana perasaannya ketika anaknya diejek jelek oleh orang lain seperti itu. Dengan bicara langsung seperti ini, tentu dia pun akan merasa malu dan sungkan telah melontarkan perkataan jahat seperti itu.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa dilakukan ketika ada orang yang mengejek anak jelek atau ejekan lainnya yang menyakitkan hati. Yang pasti ibu perlu bertindak agar ejekan itu tak makin parah dan bisa segera diatasi karena hal itu bisa sangat berdampak pada anak.

Beri Komentar