Beberapa Cara Mendidik Anak Sulung supaya Akur dengan Adiknya

Reporter : Riza Umami
Rabu, 3 Mei 2023 14:51
Beberapa Cara Mendidik Anak Sulung supaya Akur dengan Adiknya
Ini Mom beberapa caranya.

Terkadang, anak sulung dan adiknya dapat memiliki hubungan yang kurang harmonis dan sering berantem. Sebagai orangtua, penting untuk mendidik anak sulung agar memiliki sikap yang baik terhadap adiknya dan saling mendukung satu sama lain.

Dalam mengajarkan hal ini, perlu dilakukan dengan cara yang tepat. Dengan melakukan pendekatan yang tepat, anak sulung dan adiknya pun dapat tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang harmonis dan saling mendukung. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara mendidik anak sulung supaya akur dengan adiknya.

1 dari 5 halaman

Tunjukkan Contoh yang Baik

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Sebagai orangtua, Mom dan ayah harus menjadi teladan bagi anak sulung. Tunjukkan sikap positif dan sikap yang baik dalam bersikap dengan adiknya. Jangan menunjukkan sikap favoritisme atau membandingkan keduanya.

2 dari 5 halaman

Berikan Perhatian yang Cukup pada Semua Anak

Ilustrasi keluarga © Diadona

Pastikan bahwa keduanya merasa diperhatikan dan dihargai. Ajak anak sulung untuk membantu merawat adiknya dan mengajarkan nilai-nilai positif seperti kerjasama dan empati. Dengan begitu hubungan kakak dengan adiknya juga akan makin erat.

3 dari 5 halaman

Bicarakan dari Hati ke Hati

ilustrasi ibu dan anak remaja © Diadona

Bicaralah dengan anak sulung tentang arti pentingnya memiliki hubungan yang baik dengan adiknya. Jelaskan bahwa hubungan yang baik dengan adiknya akan membantu mereka tumbuh dan berkembang dengan lebih baik hingga di masa depan nanti.

4 dari 5 halaman

Biarkan Anak-Anak Main Bersama

Ilustrasi Keluarga Tiga Anak © Diadona

Berikan kesempatan bagi keduanya untuk bermain bersama dan berbagi waktu bersama. Ajak anak sulung untuk mengajak adiknya bermain dan ikut serta dalam kegiatan keluarga. Hal ini dapat membantu keduanya membangun ikatan yang kuat.

5 dari 5 halaman

Jangan Membandingkan Anak

ilustrasi keluarga bahagia © Diadona

Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jangan membandingkan satu anak dengan yang lain, karena hal ini dapat memicu persaingan dan ketidakharmonisan. Bila satu anak merasa cemburu pada saudaranya, maka hubungan keduanya sulit untuk akur kembali.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa diterapkan supaya hubungan antar anak sulung dan adiknya selalu akhir serta saling menyayangi satu sama lain. Semoga ulasan ini cukup membantu ya Mom.

Beri Komentar