Anak Nangis Saat Imunisasi? Ini Beberapa Cara Menenangkannya Mom

Reporter : Riza Umami
Kamis, 16 Juli 2020 10:17
Anak Nangis Saat Imunisasi? Ini Beberapa Cara Menenangkannya Mom
Cara menenangkan anak yang menangis saat imunisasi.

Imunisasi adalah salah satu hal yang penting dilakukan pada anak untuk menjaga kesehatannya dan agar terhindar dari penyakit yang berbahaya. Pemberian vaksin pada si kecil ini agar dia aman dari serangan virus atau bakteri.

Yang agak menyulitkan terkadang si kecil ini suka rewel saat dibawa untuk imunisasi. Bahkan, ia mungkin akan menangis apalagi saat melihat jarum suntik yang sudah disiapkan di tempat imunisasi tersebut karena takut disuntik.

Nah, bagaimana sih menenangkan anak yang rewel atau nangis saat imunisasi seperti ini? Dilansir dari laman haibunda.com, berikut ini cara yang bisa dilakukan apabila anak nangis saat imunisasi.

1 dari 4 halaman

1. Memeluk atau Menyusui Si Kecil

Ilustrasi Bayi Minum Susu © Diadona

Mom bisa mencoba untuk membuat anak jadi tenang dan nyaman dengan cara memeluknya. Apabila cara itu masih belum berhasil, cobalah untuk menyusui si kecil biar perhatiannya teralihkan untuk menyusu sehingga tangisannya pun akan mereda. 

2 dari 4 halaman

2. Minta Anastesi Topikal

Anastesi topikal ini adalah anastesi yang dioleskan pada kulit satu jam sebelum disuntik. Hal ini berguna untuk mengurangi rasa sakit pada daerah yang akan disuntik tersebut. Jika di tempat imunisasinya menyediakan anastesi ini, maka Mom bisa memintakannya untuk si kecil. 

3 dari 4 halaman

3. Bersikap Santai dan Tenang Saat Anak Diimunisasi

ilustrasi ibu dan bayi © Diadona

Sebagai ibu, Mom juga perlu memberikan contoh yang baik pada anak dengan bersikap santai dan tenang. Jangan panik atau cemas anak akan kenapa-napa karena si kecil nanti juga bisa ikutan cemas kayak ibunya. 

4 dari 4 halaman

4. Pijat Si Kecil

Untuk mengurangi rasa sakit bayi setelah disuntik, Mom bisa memberikan pijatan lembut pada kaki atau tangannya yang disuntik. Hal ini juga akan membuat si kecil jadi lebih tenang dan berhenti menangis.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Mom lakukan untuk menenangkan si kecil saat nangis atau rewel ketika imunisasi. Jangan lupa setelah vaksin, Mom perlu untuk memantau kondisi si kecil karena mungkin akan ada reaksi ringan.

Namun, bila bayi nangis terus-terusan selama beberapa jam setelah imunisasi, sampai demam dan wajahnya bengkak segera pergi ke dokter karena takut terjadi apa-apa. Semoga sehat selalu dan imunisasi berjalan dengan lancar.

Beri Komentar