Mandi Bola Ternyata Bisa Berbahaya lho Mom untuk Anak, Ini Alasannya dan Cara Mengatasinya

Reporter : Riza Umami
Minggu, 6 September 2020 07:17
Mandi Bola Ternyata Bisa Berbahaya lho Mom untuk Anak, Ini Alasannya dan Cara Mengatasinya
Kenapa ya?

Mandi bola adalah salah satu permainan yang begitu digemari oleh anak-anak karena mudah dijumpai dan harganya pun cukup terjangkau. Biasanya, kolam bola ini ada di mall, tontonan dan tempat-tempat lain yang banyak dikunjungi oleh orang-orang.

Meski permainan yang satu ini terlihat sepele dan biasa saja, ternyata permainan yang satu ini bisa cukup berbahaya untuk anak karena bisa menjadi sarang yang ideal untuk kuman-kuman.

1 dari 3 halaman

Bayangkan saja bila dasar kolam ini tak dibersihkan untuk waktu yang lumayan lama, tentu akan kotor bukan? Debu dan kotoran ini pun bisa jadi penyebab yang memicu anak alami alergi.

Dilansir dari laman klikdokter.com, bila sudah seperti itu, anak bisa mengalami bersin-bersin, kulit kemerahan dan gatal, bahkan bisa sampai sesak napas. Hal ini didukung dengan sebuah penelitian yang diterbitkan di American Journal of Infection Control.

2 dari 3 halaman

Dilakukan pemeriksaan terhadap 6 kolam bola di negara bagian Georgia. Sebanyak 9-15 bola diambil dan dipilih secara acak dari kedalaman berbeda dari tiap kolam bola yang dijadikan sampel. Dalam penelitian ini ternyata ditemukan 31 jenis bakteri dan 1 jamur. 

Beberapa bakteri ini bahkan bisa sebabkan penyakit pada manusia seperti Enterococcus faecalis, bakteri penyebab infeksi saluran kencing dan meningitis; ada pula Acinetobacter Iwoffii, bakteri penyebab pneumonia, infeksi kulit, dan meningitis; dan masih ada beberapa bakteri lainnya.

3 dari 3 halaman

Oleh sebab itu, sangat penting sekali memilih tempat permainan untuk mandi bola anak yang bersih. Jangan hanya memilih yang harganya terjangkau tetapi malah mungkin menjadi sarang bakteri untuk anak.

Selain itu, selalu dampingi anak saat mandi bola dan jangan biarkan ia mandi sendiri dan berikan pengawasan ekstra. Selain itu, hindari pula kolam bola yang terlalu ramai karena untuk menghindari anak tabrakan dengan anak lainnya di kolam bola tersebut.

Kalau ada dana berlebih, bisa banget bikin kolam bola sendiri di rumah yang secara rutin dibersihkan. Nah, itulah penjelasan bahaya dari kolam bola ini untuk anak. Semoga membantu ya Mom.

Beri Komentar