Cara Membuat Celengan dari Botol Bekas, Patut Dicoba Bareng si Kecil Agar Gemar Menabung

Reporter : Novi Hardita Larasati
Sabtu, 5 September 2020 06:51
Cara Membuat Celengan dari Botol Bekas, Patut Dicoba Bareng si Kecil Agar Gemar Menabung
Inilah cara membuat celengan dari botol bekas yang mudah dan bikin gemas.

Mengajarkan anak sejak dini tentang menabung tentu akan membuat metode pembelajaran bagi si kecil agar mulai gemar menabung secara bertahap guna bermanfaat dalam menghargai diri. Sehingga kamu pun juga harus tahu bagaimana cara membuat celengan sendiri agar lebih hemat.

Salah satunya ialah memanfaatkan botol bekas air mineral. Cara membuat celengan dari botol bekas ini nantinya akan membantu kamu dalam mengasah kreatifitas anak, namun kamu juga butuh kesabaran, ketelitian, dan inspirasi supaya tampilan dari celengan yang kamu buat menarik.

Nah, kalau kamu tertarik ingin mencoba cara membuat celengan dari botol bekas, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 2 halaman

Alat dan Bahan Membuat Celengan dari Botol Bekas Air Mineral

Cara Membuat Celengan dari Botol Bekas © Diadona

Sebelum mulai mempraktikkan cara membuat celengan dari botol bekas air mineral, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan pertama kali. Apa sajakah hal-hal tersebut? Siimak poin-poinnya berikut ini dengan seksama.

a. Botol Bekas Air Mineral

Untuk langkah cara membuat celengan dari botol bekas air mineral, kamu bisa menggunakan botol bekas air mineral dengan ukuran 600 ml atau 1 liter. Tentunya, semakin besar ukuran botolnya maka semakin banyak pula jumlah uang yang bisa kamu kumpulkan.

b. Cutter atau Pisau

Setelah menyiapkan botol bekas air mineral, selanjutnya kamu juga harus persiapkan cutter atau pisau yang nantinya berfungsi dalam mempermudah cara membuat celengan dari botol bekas air mineral.

Jadi, usahakan pisau atau cutter yang digunakan harus tajam. Sebab, tajamnya alat pemotong tersebut akan mempengaruhi kerapian dari hasil akhir celengan.

c. Selotip atau Lem

Selain cutter, selotip atau lem ini juga berfungsi sebagai perekat yang akan membantu untuk menyatukan dan mengunci tutup botol supaya tidak mudah terbuka.

Namun, lebih disarankan menggunakan lem yang memiliki daya rekat kuat agar keinginan untuk mengambil uang dari celengan bisa saja muncul saat sedang ‘kepepet’ ingin beli sesuatu.

d. Pernak-Pernik atau Cat

Poin terakhir yang perlu kamu perhatikan dalam cara membuat celengan dari botol bekas mineral ialah adanya pernak-pernik atau cat untuk menghasilkan sebuah celengan yang unik dan menarik.

2 dari 2 halaman

Cara Membuat Celengan dari Botol Bekas Air Mineral

Cara Membuat Celengan dari Botol Bekas © Diadona

Setelah semua bahan dan alat disiapkan, berikut cara membuat celengan dari botol bekas air mineral yang bisa kamu praktikkan di rumah bareng keluarga.

1. Langkah pertama, pastikan botol bekas air mineral untuk dijadikan celengan sudah dalam keadaan bersih dan kering. Setelah itu, kunci tutup botol supaya tidak bisa dibuka dan dilepas menggunakan lem.

2. Cara membuat celengan dari botol bekas air mineral berikutnya ialah buat lubang sebagai tempat memasukkan uang. Dalam tahap ini gunakan cutter atau pisau untuk melubangi tutup botol air mineral yang cukup tebal.

3. Langkah terakhir cara membuat celengan dari botol bekas air mineral adalah tahap finishing. Artinya kamu bisa mempercantik bagian luar botol menggunakan cat atau pernak-pernik yang sudah disiapkan.

Pada tahap ini kamu harus menuangkan kretivitas si kecil untuk menciptakan sebuah tampilan yang menarik serta unik dari celengan yang sudah dibuatnya. Jadi, cukup mudah bukan cara membuat celengan dari botol bekas air mineral di atas?

Itulah cara membuat celengan dari botol bekas air mineral yang mudah untuk diprakktikan di rumah. Selamat mencoba!

Beri Komentar