Anak Gak Doyan Makan? Bisa Jadi Ini Kesalahanmu Sendiri loh Mom!

Reporter : Sofi
Minggu, 26 April 2020 06:47
Anak Gak Doyan Makan? Bisa Jadi Ini Kesalahanmu Sendiri loh Mom!
Bisa jadi ini dari kesalahan yang gak kita sadari loh!

Senangnya lihat si kecil makan dengan lahap. Tapi kadang mereka tiba-tiba susah makan. Bahkan mereka gak mau makan sama sekali, kan jadi bingung ya Moms kenapa bisa gini?

Menurut motherandbaby.co.id, ini bisa jadi karena kesalahan kita sebagai orang tua loh Moms! Ini berawal dari kebiasaan kita pada si kecil yang gak kita sadari pas memberi makan anak. Apa aja sih kebiasaan itu? Yuk simak kebiasaan yang salah dan gak disadari ini, biar si kecil mau makan dengan lahap lagi!

1 dari 6 halaman

1. Memaksa Anak Harus Menghabiskan Makanan

ilustrasi anak tidak mau makan © Diadona

Ternyata melakukan hal ini bisa membuat menimbulkan rasa gak nyaman dan trauma loh Moms. Perlu diingat jika lambung bayi atau anak kecil masih berukuran kecil juga. Jadi lebih baik sesuaikan porsi makanannya, sehingga si kecil gak merasa terlalu kekenyangan dan bisa menikmati makanannya.

2 dari 6 halaman

2. Porsi yang Gak Tepat

Melihat anak makan dengan banyak memang bikin senang. Tapi kalau mereka kekenyangan, juga bukanlah hal yang bagus. Hitunglah porsi anak sesuai dengan berat badannya. Hal ini untuk menghindari rasa kekenyangan yang ditimbulkan si kecil ketika makan terlalu banyak.

3 dari 6 halaman

3. Memaksa Anak, Ketika Gak Mau Makan

Ilustrasi Anak Tidak Mau Makan © Diadona

Semakin besar anak, mereka akan tahu akan apa yang mereka inginkan. Terlebih perihal makanan. Mereka akan menginginkan makanan yang mereka sukai, dan akan berhenti makan jika menu yang disediakan gak sesuai dengan keinginannya. Tentu gak langsung mengabulkan keinginannya itu, Moms harus pintar mensiasati menu makanan untuk memenuhi gizi yang diperlukan sang anak juga.

4 dari 6 halaman

4. Rutinitas Makan yang Gak Beraturan

Terlalu sering memberi makan di mobil, sambil menonton TV, atau saat bermain di halamn, bisa bikin rutinitas makannya terganggu loh Moms. Kita harus membangun kebiasaan makan yang baik mulai dari kecil nih Moms. Kita harus membentuk rutinitas makan anak seperti mengatur jadwal makan camilan dua jam sekali, minum susu di jam tertentu, dan selalu duduk di kursi makan ketika tiba waktunya makan. Jadi jangan biarkan si kecil terlalu sering makan camilan, yang jadinya bikin dia cuman makan sedikit pas waktunya makan.

5 dari 6 halaman

5. Makanan Gak Sesuai Umur

Ilustrasi Bayi Makan © Diadona

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), menyatakan jika salah satu penyebab anak mogok makan adalah perilaku makan yang kurang kurang tepat waktu. Artinya, kita harus memberikan makanan yang sesuai dengan umurnya. Seperti bayi berusia tujuh bulan yang diberikan nasi.

Pada akhirnya mereka tidak akan memakan nasi itu karena mereka belum siap pada tekstur makanan yang diberikan. Jadi berikan bayi tersebut bubur yang halus, yang aman untuk dirinya.

Beri Komentar