Anak yang Bisa Nulis Pakai Dua Tangan Punya 3 Keunggulan Ini!

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 21 April 2020 07:37
Anak yang Bisa Nulis Pakai Dua Tangan Punya 3 Keunggulan Ini!
Gak usah panik! Anak nulis pakai tangan kanan dan kiri justru lebih unggul dari anak lainnya.

Perkembangan terkecil apa pun dari buah hati memang sangat penting untuk diperhatikan. Bahkan cara anak menulis pun nggak bisa disepelekan. Kebanyakan dari anak-anak pada umumnya menulis menggunakan tangan kanan. Meski begitu banyak juga anak yang masuk dalam kategori 'kidal' dengan menulis menggunakan tangan kiri.

Tapi gimana ya kalau anak menulis dengan tangan kanan dan kiri alias keduanya?

1 dari 4 halaman

Dari yang saya baca di Bright Side, kondisi itu disebut dengan istilah ambidextrous yang berarti seseorang bisa menulis, menggambar, dan melakukan apa saja dengan kedua tangan mereka secara merata. Kondisi ini cukup langka lho karena hanya ada 1% aja.

Mungkin beberapa orang tua ngerasa khawatir saat anak mengalami kondisi ini. Tapi nggak usah khawatir, Moms! Hal ini nggak memberikan dampak buruk kok buat anak, justru banyak manfaatnya lho. Berikut beberapa di antaranya.

2 dari 4 halaman

Anak bisa melihat sesuatu dengan cara yang berbeda

Ilustrasi Anak-Anak © Diadona

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak ambidextrous bisa belajar dan melihat berbagai hal dengan cara yang berbeda. Hal ini disebabkan oleh kondisi sinestesia di mana mereka punya indera yang saling terkait. Mereka bisa melihat suara, merasakan kata-kata, atau merasakan sentuhan pada kulit ketika mencium bau. Keren banget kan?

3 dari 4 halaman

Pandai di bidang seni, musik, dan olahraga

ilustrasi anak olahraga © Diadona

Anak-anak yang lahir dengan kemampuan ambidextrous cenderung lebih baik di bidang seni, musik, dan olahraga. Jadi sebagai orang tua yang punya anak ambidextrous, kita bisa membantu mengembangkan kemampuan mereka di bidang tersebut. Beberapa orang terkenal dunia ternyata adalah seorang ambidextrous seperti Tom Cruise, Leonardo da Vinci, dan Nikola Tesla.

4 dari 4 halaman

Belajar lebih cepat

Ilustrasi Anak Belajar © Diadona

Menurut penelitian, anak ambidextrous punya kemampuan lebih cepat belajar, fleksibel, berpikiran terbuka, dan efisien dibandingkan dengan anak lainnya. Kemampuan itu bisa dimiliki karena otak mereka nggak punya belahan yang dominan seperti otak anak-anak lainnya yang biasanya lebih condong ke otak kiri atau otak kanan.

Maka dari itu, punya anak ambidextrous nggak perlu bikin kalian panik atau takut. Justru banyak banget keunggulan yang bisa dimiliki oleh anak ambidextrous.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat kamu ya!

Beri Komentar