Anak-Anak Sering Bertengkar Satu Sama Lain? Jangan Keburu Panik, Ternyata Ada Manfaatnya Moms!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 11 Juni 2020 14:15
Anak-Anak Sering Bertengkar Satu Sama Lain? Jangan Keburu Panik, Ternyata Ada Manfaatnya Moms!
Pertengkaran anak-anak itu wajar kok Moms..

Pertengkaran antara kakak beradik saat masih berusia dini memang nggak bisa dihindari. Mulai dari berebut atau bahkan memperdebatkan sesuatu, pertengkaran anak-anak memang menjadi suatu hal yang terasa wajar dalam keluarga.

Banyak beranggapan bahwa pertengkaran sesama saudara itu nggak baik. Bener kok, tapi sebuah penelitian yang dilakukan di University of Cambridge menyatakan bahwa pertengkaran kakak beradik justru bisa membantu mereka menumbuhkan sisi emosional secara mental.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Kakak Beradik © Diadona

Melansir dari Times of India, sebuah penelitian yang melibatkan 140 anak-anak menyimpulkan bahwa kakak beradik sebenarnya saling mempengaruhi. Pertengkaran antar saudara di masa kecil, akan membantu mengembangan kemampuan sosial anak.

Ketika mereka berdebat secara lisan, cara mereka menyelesaikan argumen ternyata bisa mengembangkan kesehatan dan kesadaran secara mental. Setiap perdebatan dan pertengkaran yang terjadi, akan membentuk mereka menjadi individu yang pintar. Bahkan dari situlah anak akan sama-sama belajar untuk menghargai.

2 dari 2 halaman

'Keuntungan' dari perdebatan di masa kecil, akan dinikmati saat mereka tumbuh menjadi sosok yang lebih baik dan bijaksana. Tapi hal itu tidak akan terjadi, jika perdebatan terus terjadi sampai mereka beranjak dewasa.

Biarkan anak menyelesaikan pertikaiannya sendiri. Tapi jika hal itu berubah menjadi sesuatu yang negatif, maka campur tangan orang tua tentu saja diperlukan.

Beri Komentar