Cara Memilih Produk Skincare yang Cocok untuk Kulit Bayi Sensitif

Reporter : Riza Umami
Jumat, 29 Januari 2021 19:17
Cara Memilih Produk Skincare yang Cocok untuk Kulit Bayi Sensitif
Ini Mom caranya.

Beberapa bayi mempunyai kulit yang sensitif dan lebih rentan mengalami iritasi atau ruam. Jika anak Mom memang mempunyai kulit yang sensitif seperti ini, maka penting untuk memilih produk perawatan kulit yang cocok untuk buah hati.

Ada beragam jenis produk perawatan kulit untuk bayi misalnya losion pelembab, baby oil, sabun, shampo, bedak dan masih banyak lagi. Sayangnya, untuk bayi yang punya kulit sensitif, dia mungkin tidak cocok dengan beberapa produk. Lantas bagaimana cara memilih produk skincare untuk kulit bayi yang sensitif seperti ini?

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi © Diadona

Dilansir dari laman hellosehat.com (15/01), ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk memilih produk skincare yang cocok untuk kulit bayi yang sensitif seperti ini. Yang pertama pastikan bahwa produk tersebut memang diformulasikan khusus untuk bayi karena biasanya produk perawatan bayi ini minim kandungan zat kimia keras.

Lebih detail lagi, ibu pun perlu melihat kandungan produk tersebut. Pastikan bahwa produk itu tidak mengandung zat yang kurang bagus untuk kulit bayi seperti phthlate dan paraben karena dua zat ini bisa menyebabkan iritasi dan eksim pada kulit si kecil.

2 dari 3 halaman

ilustrasi bayi merangkak © Diadona

Kemudian sebaiknya ibu juga menghindari produk dengan label hypoallergenic yang bisa menyebabkan sedikit alergi pada kulit. Pastikan bahwa produk tersebut juga bebas alkohol, pewangi dan juga pewarna agar lebih aman untuk kulit bayi yang sensitif. Hindari pula produk sabun antibakteri karena sebenarnya bayi belum membutuhkannya, bahkan bahan kimia yang ada di dalamnya mungkin bisa menyebabkan iritasi.

Berikutnya, ibu perlu mengecek kondisi kemasan produk tersebut. Pastikan bahwa produk sama sekali tak ada kecacatannya. Kemudian, perhatikan pula tanggal kedaluwarsa produk tersebut, jangan sampai melewatinya. Jika memang sudah kedaluwarsa tetapi isinya masih ada, sebaiknya dibuang saja dan ganti dengan yang baru.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi © Diadona

Terakhir, ibu perlu membaca aturan pemakaian produk dengan teliti di kemasannya. Biasanya pada beberapa produk ada aturan pemakaiannya di lembaran terpisah maupun di kotak kemasannya. Hal ini untuk mencegah ibu salah dalam menggunakan produk tersebut untuk si kecil.

Yang gak kalah penting, sebaiknya ibu coba dulu tes produk tersebut pada kulit bayi. Caranya yaitu dengan menggunakan sedikit produk tersebut di area punggung tangan anak untuk melihat reaksinya. Jika ternyata muncul ruam atau gatal, maka itu berarti anak tidak cocok dengan produknya dan sebaiknya diganti saja. Itulah beberapa cara yang bisa ibu lakukan, semoga bermanfaat.

Beri Komentar