Aman Nggak sih Minum Obat Saat Masa Menyusui? Ini Jawabannya

Reporter : Riza Umami
Kamis, 23 Juli 2020 08:17
Aman Nggak sih Minum Obat Saat Masa Menyusui? Ini Jawabannya
Amankah minum obat saat menyusui?

Saat lagi masa menyusui ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh ibu, terutama masalah pola makan dan apa saja yang dikomsumsi ibu seperti halnya obat. Beberapa ibu mungkin khawatir saat mengonsumsi obat ketika sedang menyusui. Namun, sebenernya bahaya nggak sih?

Ibu tak pernah tahu kapan akan terserang penyakit dan bisa saja jatuh sakit ketika masa menyusui. Lantas, kalau nggak boleh minum obat nanti sakitnya malah nggak sembuh-sembuh dong? Terus enaknya gimana ya, Mom?

1 dari 3 halaman

Dalam sebuah seminar yang dilakukan oleh dr. Jack Newman, seorang pakar ASI Internasional, menjelaskan bahwa sebenarnya ibu boleh minum obat ketika masa menyusui. Sebenarnya, lebih baik tetap menyusui anak minum obat daripada tidak menyusui anak sementara selama minum obat.

Hal ini disebabkan karena jika ibu mendadak berhenti untuk menyusui anak, maka ia pun bisa tersapih secara dini. Padahal, kandungan di dalam ASI ini tentu masih lebih baik jika dibandingkan dengan susu formula.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Ibu MenyusuiIlustrasi Ibu Menyusui © https://www.shutterstock.com/g/Lopolo

Yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya ibu memang mengonsumsi obat yang aman untuk bayi. Akan lebih baik jika ibu periksa ke dokter dan minta untuk diresepkan obat yang aman untuk si kecil. 

3 dari 3 halaman

Selain itu, ibu juga bisa minta obat yang tidak akan diserap oleh pencernaan yaitu dengan cara disuntik. Beberapa obat-obatan ini seperti gentacimin, heparin, interferon, anestesi loka, dan omeprazole.

Jika ibu masih ragu dan khawatir bisa dikonsultasikan dengan dokter terlebih dulu. Kesehatan bayi itu penting, tetapi kesehatan Mom pun juga tak kalah penting. Semoga sehat selalu.

Beri Komentar