Akui Tak Pernah Membentak, Sule Bagikan Tips agar Anak Bisa Menghormati Orang Tua

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 1 Juli 2020 14:15
Akui Tak Pernah Membentak, Sule Bagikan Tips agar Anak Bisa Menghormati Orang Tua
Sule mengaku tak pernah marah dan membentak anak-anaknya.

Sule dikenal sebagai komedian serba bisa yang rasanya hampir tiap hari wara-wiri di TV. Pria berusia 43 tahun ini diketahui memiliki 3 anak laki-laki dan 1 anak perempuan.

Dalam sebuah vlog yang diunggah di channel Qiss You TV, Sule menceritakan pada Ayu Ting Ting bahwa ia adalah sosok ayah yang tegas bagi anak-anaknya.

1 dari 4 halaman

" Becanda ada waktunya, kalo kita becanda (ya) becanda.. Kalo lagi tegas ya tegas," ungkap pria kelahiran Cimahi tersebut.

" Saya nggak pernah marah, saya nggak pernah ngebentak anak.." ungkap Sule.

Pria ini menyebutkan bahwa selama anak-anaknya tetap melakukan hal yang positif, Sule tidak akan pernah marah dan membentaknya.

" Makanya mereka tuh segan, karena saya terlalu baik," ungkap rekan kerja Andre Taulany tersebut.

2 dari 4 halaman

Tips Membuat Anak Menghormati Orang Tua

 Sule dan Anak-anaknyaSule dan Anak-anaknya © Instagram/ ferdinan_sule

Dari yang diungkapkan Sule, terlihat bahwa ketika orang tua bisa memperlakukan anak dengan baik, maka anak pun akan menunjukkan sikap yang menghormati orang tua. Setelah membaca beberapa literatur, saya mendapat kesimpulan bahwa ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk mendidik anak agar memiliki sikap yang santun dan hormat.

Hal yang terutama yakni dengan memberi contoh. Jika Mama dan Papa ingin agar anak menghormati orang tua, maka kalian juga perlu mencontohkan untuk bisa menghargai mereka.

3 dari 4 halaman

Ajarkan pada si kecil mengenai 3 kata ajaib, yakni 'tolong', 'maaf', dan 'terima kasih'. Berilah pemahaman bahwa 3 kata tersebut merupakan hal terpenting saat berkomunikasi dengan orang lain.

Kemudian, ada kalanya jika anak tiba-tiba bersikap kasar dan melawan orang tua. Nah, untuk yang satu ini Mama dan Papa jangan langsung marah dan malah membentak mereka. Ambillah waktu untuk berbicara baik-baik dengan mereka, tentunya dengan tetap tenang dan penuh ketegasan.

4 dari 4 halaman

Berilah kesempatan pada mereka untuk menyampaikan pendapat. Jangan buru-buru menghukum, tapi pahamilah apa yang sebenarnya diinginkan anak dari orang tuanya.

Bersikaplah dengan tegas, tapi tetap fleksibel. Tegas bukan berarti marah dan fleksibel bukan berarti membiarkan anak bisa berbuat seenaknya.

Saat orang tua bisa memperlakukan anak dengan baik, maka anak pun akan berusaha untuk berlaku demikian pada orang tuanya.

Beri Komentar