Tips Ajarkan Anak Hafal Surat Pendek Al-Quran ala Rachel Vennya Ini Bisa Ditiru, nih!

Reporter : Hevy Zil Umami
Selasa, 30 Juni 2020 16:49
Tips Ajarkan Anak Hafal Surat Pendek Al-Quran ala Rachel Vennya Ini Bisa Ditiru, nih!
Rachel Vennya memang aktif membagikan di media sosial apa yang ia berikan untuk kedua anaknya, Xabiru dan Chava.

Rachel Vennya adalah seorang selebgram yang kini telah memiliki 2 orang anak. Ia pun aktif membagikan kesehariannya di akun Instagram pribadinya @rachelvennya. Xabiru dan Chava adalah nama dari dua malaikat kecil yang selalu mewarnai hari Rachel dan Niko, suaminya.

Kehidupan mereka selalu menarik untuk diikuti, apalagi Rachel termasuk seorang ibu yang disiplin dan detail mengenai apapun yang berhubungan dengan perkembangan anaknya. Seperti apa yang sempat ia bagikan di Instagram Storynya beberapa hari yang lalu, tentang tipsnya mengajarkan anak tertuanya, Xabiru untuk hafal surat pendek Al-Quran.

1 dari 4 halaman

1. Membacakan Al-Quran Sebelum Tidur

Rachel Vennya dan Keluarga © Diadona

Ini adalah salah satu kebiasaan yang dibentuk Rachel setiap hari sebelum Xabiru tidur. Jadi lantunan ayat suci Al-Quran akan menghantar tidur Xabiru. Lagi pula, membiasakan anak mendengarkan suara akan menstimulasi pendengarannya, jadi anak akan lebih cepat akrab dengan suara itu, jadi akan lebih cepat hafal.

2 dari 4 halaman

2. Memperdengarkan Murotal Al-Quran Saat Tidur

Rachel Vennya dan Keluarga © Diadona

Selain membacakan ayat suci Al-Quran sebelum Xabiru tidur, ketika Xabiru sudah tidur pun, lantunan murotal Al-Quran juga tetap diperdengarkan untuk Xabiru. Volumenya tidak usah keras-keras. Hal ini untuk membuat anak familiar dengan lantunan Al-Quran, walau masih belum hafal.

3 dari 4 halaman

3. Biasakan Salat Bareng

Rachel Vennya dan Keluarga © Diadona

Selain membiasakan Xabiru mendengarkan lantunan surat pendek, Xabiru juga sering diajak untuk melaksanakan salat berjamaah. Atau Xabiru diajak untuk melihat Rachel kalau sedang salat.

" Diajak salat bareng walaupun dia main-main. Tapi dia melihat dan mendengar, sehingga jadi nempel di otak dia," tulis Rachel yang menjawab pertanyaan salah satu pengikutnya.

4 dari 4 halaman

4. Guru Ngaji Khusus untuk Xabiru

Rachel Vennya dan Keluarga © Diadona

Selain mengajarkan sendiri Xabiru mengaji di rumah, Rachel dan Niko juga mempekerjakan seorang guru ngaji khusus untuk Xabiru. Jadi, karena belajar dari yang lebih ahli, Xabiru akan lebih baik lagi dalam menghafal surat pendek Al-Quran.

Nah, itu dia 4 tips cara ajarkan anak menghafal surat pendek Al-Quran.

Beri Komentar