Kapan Bayi Sudah Boleh Mulai Konsumsi Makanan Padat?

Reporter : Audila Rima Ndani
Sabtu, 2 Januari 2021 07:37
Kapan Bayi Sudah Boleh Mulai Konsumsi Makanan Padat?
Bingung kapan sebaiknya latih bayi dengan makanan padat? Temukan jawabannya di sini!

Pengalaman pertama sebagai ibu tentu membuat banyak pertanyaan menghinggapi pikiran kita. Biasanya semua pertanyaan itu nggak jauh-jauh dari apakah kita sudah memberikan yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan bayi di awal kehidupan mereka.

Sementara itu, bayi terus mengalami perkembangan menakjubkan seiring dengan berjalannya waktu. Mereka akan mengalami fase di mana membutuhkan nutrisi lain dari makanan padat dan harus mulai dikenalkan pada jenis makanan tersebut.

Sayangnya, meski semua bayi memiliki perkembangan yang berbeda-beda, tapi masih banyak ibu yang kebingungan tentang waktu yang tepat untuk mulai memberikan makanan pada anak. Tapi sekarang kita nggak perlu khawatir karena kita akan bersama-sama menemukan jawabannya di sini!

1 dari 3 halaman

ilustrasi bayi makan © Diadona

Dilansir dari Mom.com, ada beberapa informasi yang bertentangan tentang kapan tepatnya waktu terbaik untuk mengenalkan makanan pada pada bayi. Namun American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan agar ibu menunggu bayi sampai berusia 4 atau 6 bulan jika mereka sedang menyusui.

Tapi perlu diingat bahwa semua tergantung pada kondisi bayi kita juga. Beberapa bayi siap untuk makanan pada di usia 4 bulan, sementara beberapa yang lain membutuhkan waktu sedikit lebih lama.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi Makan © Diadona

Sangat penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu bersama dengan dokter anak sebelum mulai memberikan makanan padat. Hal ini dilakukan agar kita bisa segera tahu jika anak punya kondisi khusus.

Sementara itu, dr. TJ Gold, seorang dokter anak, mengungkapkan bahwa ada beberapa tanda kesiapan bayi yang bisa kita ketahui.

" Ketika bayi siap untuk mulai makan makanan, dia akan memasukkan tangannya ke dalam mulutnya, dan Anda akan melihatnya benar-benar membuat gerakan mengunyah," kata dr. TJ Gold pada The New York Times.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi Makan © Diadona

Selain memasukkan tangan pada mulut, berikut beberapa tanda lainnya:

1. Memiliki kendali kepala yang baik
2. Mampu duduk dengan penyangga (termasuk di kursi tinggi mereka)
3. Menunjukkan minat pada makanan kita
4. Membuka mulut mereka saat makanan atau sendok mendekatinya

Semoga informasi ini bisa menjawab rasa penasaran kamu ya!

Beri Komentar