5 Makanan yang Bisa Meningkatkan Imun Anak di Masa Pandemi

Reporter : Audila Rima Ndani
Sabtu, 14 November 2020 07:37
5 Makanan yang Bisa Meningkatkan Imun Anak di Masa Pandemi
Pastikan anak tetap sehat di masa pandemi dengan meningkatkan kekebalan tubuh.

Kita masih menghadapi pandemi corona yang belum bisa dipastikan kapan akan berakhir. Yang bisa kita lakukan saat ini adalah tetap menjalani protokol kesehatan dan menjaga kondisi tubuh agar nggak jatuh sakit.

Selain orang dewasa, anak-anak juga perlu menjaga tubuh mereka di masa pandemi ini. Salah satunya adalah dengan meningkatkan imun anak agar nggak mudah terserang penyakit.

Hal ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan selama pandemi. Dilansir dari Boldsky, berikut beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi anak untuk meningkatkan imun.

1 dari 5 halaman

Telur

Ilustrasi nasi telur © Diadona

Telur merupakan pilihan yang sangat sehat karena mengandung protein dan vitamin yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Telur umumnya cocok dijadikan sarapan untuk anak.

Selain itu, telur disebut sebagai gudang vitamin dan mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Telur juga punya antioksidan yang sangat bermanfaat bagi anak.

2 dari 5 halaman

Bawang putih

Ilustrasi Bawang Putih © Diadona

Bawang putih punya sifat antivirus dan antibakteri. Selain itu, bawang putih juga bisa merangsang produksi sel darah putih di dalam tubuh.

Bawang putih menjadi bahan yang sempurna untuk meningkatkan kekebalan anak. Selain itu, bawang putih juga berperan penting dalam mencegah masalah kesehatan.

Tapi pastikan untuk memberikan bawang putih dalam jumlah yang sesuai ya! Bawang putih dalam jumlah banyak mungkin nggak cocok dan mengganggu sistem pencernaan anak.

3 dari 5 halaman

Kunyit

Ilustrasi Kunyit © Diadona

Kunyit mengandung sifat anti-inflamasi, antiseptik, antijamur, dan antibakteri. Kandungan tersebut bermanfaat bagi sistem kekebalan anak dalam beberapa cara.

Kurkumin membuat kunyit punya antioksidan yang kuat. Kita bisa memberikan susu dengan tambahan sejumput kunyit pada anak sebelum tidur.

4 dari 5 halaman

Bayam

Ilustrasi Bayam © Diadona

Makanan kesukaan tokoh kartun Popeye ini memang ternyata punya banyak manfaat untuk menguatkan tubuh. Bayam kaya akan vitamin C dan dikemas dengan banyak antioksidan dan beta karoten.

Bayam adalah makanan yang baik untuk anak. Daun hijau ini bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan melawan infesi dari sistem kekebalan.

5 dari 5 halaman

Kacang

Ilustrasi Kacang-kacangan © Diadona

Kacang merupakan gudang nutrisi penting yang bisa memperkuat tubuh dengan mencegah berbagai penyakit. Mengonsumsi kacang bisa memperkuat sistem kekebalan anak dan meningkatkan keterampilan kognitif mereka.

Tapi kita harus memperhatikan beberapa hal sebelum memberikan kacang pada anak. Untuk anak di bawah usia 5 tahun, sebaiknya kita menghancurkan kacang menjadi bubuk sebelum diberikan.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

Beri Komentar