5 Kegiatan yang Bisa Menghibur Anak di Masa Pandemi Selain Main Gadget

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 16 November 2020 11:37
5 Kegiatan yang Bisa Menghibur Anak di Masa Pandemi Selain Main Gadget
Ajak anak menalukan kegiatan ini biar nggak kecanduan gadget.

Wabah corona masih belum berakhir. Kita masih harus tetap mematuhi protokol kesehatan dan menjaga jarak dengan tetap berada di rumah pada masa pandemi ini.

Banyak sekolah yang akhirnya melakukan kegiatan belajar secara online. Hal ini kemudian membuat anak lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Sangat wajar jika anak merasa bosan selama di rumah pada waktu-waktu tertentu. Akhirnya banyak yang mencari hiburan dengan bermain gadget.

Tapi, perlu diingat bahwa penggunaan gadget pada anak nggak boleh terlalu sering, Moms. Hal ini akan membuat anak kecanduan pada teknologi tersebut.

Untuk itu, dilansir dari Times of India, berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk menghibur anak di masa pandemi selain bermain gadget.

1 dari 5 halaman

Seni dan kerajinan

Ilustrasi Anak Bermain © Diadona

Siapkan perlengkapan seni dan kerajinan yang sesuai dengan usia anak. Beri pujian dan dorongan pada anak untuk meningkatkan keterampilan mereka melalui kegiatan ini.

Berikut beberapa ide yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu anak:

1. Menggambar dan melukis
2. Membuat benda dari tanah liat
3. Kerajinan kertas dan origami
4. Kerajinan manik-manik-m
5. Menjahit dan merajut
6. Menghias keranjang

2 dari 5 halaman

Membaca buku

Ilustrasi Anak Membaca Menu © Diadona

Penting bagi kita untuk mengenalkan anak pada dunia buku. Seperti yang sering disebutkan, buku merupakan jendela dunia.

Jadikan membaca sebagai sebuah kebiasaan sehari-hari. Selain itu, kita juga bisa membiasakan anak dengan semua jenis buku agar mereka punya literasi yang baik.

3 dari 5 halaman

Memasak dan pekerjaan rumah lain

Ilustrasi anak memasak © Diadona

Kita bisa meminta anak untuk membantu kita memasak atau melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya. Bahkan kita bisa melibatkan anak dalam perencanaan menu makanan dan belanja.

Selain membantu diri kita sendiri, anak juga akan lebih banyak belajar keterampilan baru. Hal ini akan membuat mereka mandiri dan lebih percaya diri.

4 dari 5 halaman

Musik dan tarian

Ilustrasi Anak Bermain © Diadona

Musik bisa membuat anak bergerak dan menari. Jadi saat anak mulai bosan, kita bisa menyalakan musik dan melihat mereka menari.

Lebih baik lagi jika anak bisa memainkan beberapa alat musik. Mendengarkan musik dan menari bisa menjadi salah satu metode penghilang stres yang baik.

5 dari 5 halaman

Menjelajah dan bereksperimen

Ilustrasi Anak Bermain © Diadona

Beri anak kesempatan untuk eksplorasi dan bereksperimen dengan ide dan materi baru. Misalnya, anak bisa melakukan eksperimen sederhana seperti mencoba resep baru.

Kita bisa memberi mereka beberapa bahan dan melihat apa yang akan mereka hasilkan. Kegiatan ini juga bisa membantu anak memahami bahwa nggak masalah membuat kesalahan dalam sebuah percobaan.

Semoga informasi ini bisa membantu ya, Moms!

Beri Komentar