Sebenernya Sejak Kapan sih Bayi Sudah Mulai Bisa Melihat dan Mendengar?

Reporter : Audila Rima Ndani
Minggu, 15 November 2020 07:37
Sebenernya Sejak Kapan sih Bayi Sudah Mulai Bisa Melihat dan Mendengar?
Yuk, ketahui di sini Moms!

Bagi banyak ibu, pertumbuhan dan perkembangan bayi mungkin bisa terasa sangat cepat dari apa yang dibayangkan selama ini. Bahkan tanpa sadar anak sudah tumbuh besar dan mulai bisa melakukan banyak hal dalam hidup mereka.

Sementara itu, bayi punya banyak fase perkembangan yang penting dipahami oleh banyak orang tua. Salah satunya adalah kemampuan mereka menggunakan alat indra untuk mulai melihat dan mendengar.

Dilansir dari Boldsky, bayi yang baru lahir memandang dunia dengan cara yang berbeda. Mereka mungkin sedikit rewel setelah lahir tapi itu semua karena mereka kehilangan kehangatan rahim.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi BayiIlustrasi Bayi © https://www.shutterstock.com/g/BiancoBlue85

Perkembangan bayi seringkali menjadi sebuah kekhawatiran yang terus-menerus menghantui para ibu. Kemampuan yang dikembangkan oleh bayi kadang bisa sangat menakjubkan dan membuat banyak dari kita merasa kagum.

Apalagi kemampuan mereka untuk menggunakan indera penglihatan dan pendengaran. Bayi mungkin terlihat nggak mengerti dan polos, tapi mereka berkembang pesat dan berusaha memahami dunia di sekitarnya.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Bayi TidurIlustrasi Bayi Tidur © https://www.shutterstock.com/g/belchonock

Bayi bisa mendeteksi suara sejak trimester ketiga kehamilan. Bayi kita mendengar suara bahkan saat masih dalam kandungan.

Mereka sangat akrab dengan suara dan detak jantung ibu. Suara detak jantung ibu bisa menjadi suara paling menenangkan bagi bayi.

Makanya banyak dokter menyarankan untuk menggendong bayi di dekat dada untuk menenangkan mereka. Selain itu, bayi juga bisa terbiasa dengan lagi yang dia dengar sebelum lahir.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi BayiIlustrasi Bayi © https://www.shutterstock.com/g/Patchananpro

Sementara indra penglihatan bayi belum terlalu berkembang saat lahir. Mereka hanya bisa melihat sejauh 8 sampai 12 inci.

Banyak hal yang terasa sangat kabur bagi bayi. Mereka juga nggak bisa membedakan warna dan hanya akan melihat wajah kita saat memberinya makan.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Bayi TidurIlustrasi Bayi Tidur © https://www.shutterstock.com/g/LeManna

Makanya banyak bayi yang merasa terikat dengan kita saat memberinya makan. Hal ini akan semakin berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

Selain itu, bayi juga bisa sangat tertarik dengan objek bergerak yang menarik perhatiannya. Saat mereka berusia empat bulan, mereka akhirnya mulai memahami warna dan dunia tampak seperti kanvas warna yang besar bagi bayi.

Bayi adalah keajaiban kecil yang tumbuh dengan cepat. Namun, setiap bayi berbeda dari yang lain, jadi mungkin nggak perlu membanding-bandingkan mereka.

Semoga informasi ini membantu kamu ya!

Beri Komentar