5 Cara Meningkatkan Kesabaran Saat Dampingi Anak Sekolah Online

Reporter : Audila Rima Ndani
Sabtu, 3 Oktober 2020 07:37
5 Cara Meningkatkan Kesabaran Saat Dampingi Anak Sekolah Online
Tetap semangat ya, Moms!

Pandemi corona tampaknya belum akan usai dalam waktu dekat. Setiap hari masih ditemukan kasus-kasus baru yang membuat kondisi semakin memprihatinkan.

Untuk itu, kita mau nggak mau harus terus membiasakan diri dengan perubahan yang terjadi. Salah satunya pada kenyataan bahwa sekolah online akan tetap berlaku hingga beberapa waktu ke depan.

Banyak orang tua yang stres dan mengeluh selama sekolah online ini. Mereka jadi sulit melakukan pekerjaan karena harus mendampingi anak.

Namun sebagai orang tua, kita juga harus sadar bahwa anak juga sama-sama mengalami kesulitan dalam menghadapi hal ini. Untuk itu, dilansir dari Psychology Today, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesabaran selama mendampingi anak sekolah online.

1 dari 5 halaman

Mencari dukungan

Ilustrasi Chatting © Diadona

Merasa sendirian menghadapi hal ini hanya akan meningkatkan stres dalam diri kita. Untuk itu, kita bisa mencari dukungan dari orang terdekat.

Nggak hanya dari kerabat, kita juga bisa saling mendukung di lingkungan ibu-ibu yang juga mengalami kondisi yang sama. Dukungan sosial dapat memberikan dorongan besar bagi kesehatan mental dan fisik kita.

2 dari 5 halaman

Mengingat tujuan

ilustrasi ibu dan anak perempuan © Diadona

Setiap hari mungkin akan terasa berat dan sulit. Seringkali kita akan berakhir menyalahkan diri sendiri karena nggak bisa mengasuh anak dengan baik.

Namun kita perlu untuk mengingat tujuan kita merawat anak. Kita harus melakukan yang terbaik untuk mendidik dan membesarkan mereka dengan cara kita.

3 dari 5 halaman

Empati

Ilustrasi Ibu dan Anak Berpelukan © Diadona

Mungkin akan sedikit sulit berempati dalam keadaan lelah. Tapi berempati dapat meningkatkan kesabaran kita dalam menghadapi kelas online lho.

Melalukan empati bisa membuat kita lebih memahami kesulitan guru hingga anak saat menjalani kelas online. Dengan begitu kita akan sadar bahwa kondisi ini nggak hanya menyulitkan kita, tapi juga orang lain di sekitar kita.

4 dari 5 halaman

Temukan hiburan

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Hiburan sangat penting untuk kesejahteraan emosional kita. Hal ini bahkan bisa menurunkan tekanan darah dan memecahkan ketegangan agar tubuh mereka lebih baik.

Luangkan waktu untuk menghibur diri bersama anak. Selain untuk menyenangkan diri sendiri, kita juga bisa mendaptkan waktu berkualitas bersama dengan keluarga.

5 dari 5 halaman

Hilangkan sisi prefeksionis

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Menyesuaikan harapan sangat penting untuk dilakukan. Nggak hanya pada sekolah anak, tapi juga pada diri kita sendiri sebagai orang tua.

Perhatikan tolok ukur yang kita gunakan untuk membandingkan diri dengan ibu lain. Jika kita merasa bahwa hal itu terlalu perfeksionis maka sebaiknya kita harus mulai menghilangkannya dan menghargai diri sendiri karena telah bertahan di kondisi ini.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya!

Beri Komentar