Gimana sih Cara Melatih Si Kecil untuk Berenang Mom?

Reporter : Riza Umami
Jumat, 2 Oktober 2020 08:17
Gimana sih Cara Melatih Si Kecil untuk Berenang Mom?
Cara mudah melatih anak berenang.

Berenang adalah salah satu olahraga yang baik dilakukan oleh anak dengan pengawasan dan ditemani oleh orang tuanya. Berenang ini merupakan olahraga yang menyenangkan untuk dilakukan serta ada pula beberapa manfaatnya dari segi kesehatan.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Griffith University Australia menunjukkan bahwa anak-anak yang dibiasakan berenang sejak bayi lebih cepat perkembangan fisik dan mentalnya dibandingkan anak yang tidak berenang.

1 dari 3 halaman

Dilansir dari laman klikdokter.com, sejak usia enam minggu, bayi sudah bisa diperkenalkan dengan olahraga yang satu ini. Selain itu, perhatikan pula suhu airnya yang tak kurang dari 32 derajat Celsius.

ilustrasi anak berenang © Diadona

Untuk melatih anak berenang, yang pertama perlu dilakukan adalah jangan memaksakan pada si kecil. Meski ini adalah keinginan ibu, bisa saja anak sedang tak ingin dan menolaknya. Bila seperti itu, perkenalkan berenang ini secara perlahan pada anak.

2 dari 3 halaman

Yang berikutnya, pastikan pula bahwa suhu airnya ini sudah sesuai dengan suhu anak. Bila anak berusia di bawah enam bulan, maka jangan sampai dibiarkan berenang di kolam yang airnya dingin atau mengandung kaporit. Hal ini disebabkan nanti kulitnya bisa iritsi seperti gatal atau yang sejenisnya.

Lalu, agar ibu tak sampai salah dalam memperkenalkan berenang ini, ada baiknya menggunakan tenaga ahli saja seperti menyewa instruktur renang. Hal ini dikarenakan biasanya mereka sudah memiliki metode berenang yang jauh lebih aman untuk anak meski harus keluar uang dulu.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi anak berenang © Diadona

Terakhir, cobalah untuk ajak anak masuk ke kolam renang bersama dengan ibu. Tak memakai pelampung juga tak masalah asal ibu selalu menggendong anak dengan kuat. Masuk ke dalam air langsung seperti ini agar anak bisa mulai belajar menggerakkan kakinya di dalam air.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melatih dan memperkenalkan anak untuk berenang. Semoga membantu ya Mom.

Beri Komentar