Beberapa Ide Permainan Ini Bisa Bantu Anak agar Lebih Pandai Bicara lho Mom

Reporter : Riza Umami
Kamis, 1 Oktober 2020 08:17
Beberapa Ide Permainan Ini Bisa Bantu Anak agar Lebih Pandai Bicara lho Mom
Apa aja ya?

Perkembangan otak anak ini sangat penting untuk dilatih sejak kecil lho Mom. Salah satu cara yang menyenangkan dan seru yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan ide permainan yang menarik untuk anak.

Beberapa permainan ini akan berguna untuk melatih gerakan motorik anak dan juga bisa membantunya agar lebih pandai berbicara. Wah, tentu akan sangat berguna ya Mom belajar dengan cara yang mengasyikkan seperti ini. Anak akan merasa senang, bahkan tidak merasa kalau sedang belajar.

1 dari 2 halaman

Dilansir dari laman klikdokter.com, salah satu permainan yang bisa dilakukan ini adalah tebak benda. Permainan yang satu ini diawali dengan mengenali nama-nama benda di sekitar terlebih dahulu. Nanti, ajak anak untuk menebak benda apakah itu dengan cara menunjuk pada benda tersebut.

Ilustrasi Anak Bermain Boneka © Diadona

Permainan selanjutnya yang bisa dikerjakan oleh ibu adalah mendongeng menggunakan boneka tangan. Bacakan sebuah dongeng untuk anak menggunakan boneka tangan dengan bentuk-bentuk yang lucu agar anak tertarik dan suka saat lagi didongengi. Selain itu, ibu juga bisa berinteraksi dengan anak dengan mengajukan beberapa pertanyaan sederhana saat mendongeng.

2 dari 2 halaman

Yang terakhir, bisa dengan cara bermain menggunakan kata-kata. Aktivitas yang bisa dilakukan seperti menyanyi dan menari sambil menyebutkan anggota tubuh dari ujung kepala sampai kaki sehingga bisa membantu anak lebih pandai berbicara, bisa juga dengan menyebutkan jari-jari tangan anak atau yang sebagainya.

Selain beberapa permainan di atas, ibu juga bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi sekarang ini, misalnya ibu bisa menggunakan aplikasi digital yang berbentuk permainan untuk melatih motorik dan kemampuan berbicara anak.

Nah, itulah beberapa permainan yang bisa ibu lakukan bersama anak untuk melatihnya agar lebih pandai berbicara. Kalau ibu punya permainan yang lainnya, silahkan tulis di kolom komentar ya.

Beri Komentar