4 Hal yang Perlu Dihindari Ortu Supaya Anak Sukses di Masa Depan

Reporter : Riza Umami
Jumat, 5 Agustus 2022 19:41
4 Hal yang Perlu Dihindari Ortu Supaya Anak Sukses di Masa Depan
Apa saja ya Mom?

Mendidik dan membesarkan anak memang bukanlah hal yang mudah, selalu ada kesulitan atau masalah yang mungkin dihadapi orang tua. Meski begitu, tentu orang tua ingin membesarkan anaknya sebaik mungkin supaya jadi sukses kalau sudah besar nanti.

Namun, tak semudah itu menjadikan anak sukses di masa depannya nanti. Orang tua perlu mendidik anak dengan nilai-nilai yang benar, memberikan contoh yang baik dan juga ada pula hal-hal yang perlu dihindari ortu supaya anaknya sukses di masa depan. Kira-kira apa saja ya hal yang sebaiknya dihindari?

1 dari 4 halaman

Menganggap Hobi Anak Hanya Buang-Buang Waktu

Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak © shutterstock.com/g/Rawpixel

Dilansir dari unggahan di akun Instagram @parentalk.id, berbagai hobi anak seperti bermusik, olahraga, main games dan yang lain ini ternyata bisa membuat anak jadi lebih aktif serta hal ini pun akan melatih keterampilan dan mentalnya. Hobi ini juga menjadi selingan atau hiburan anak dari rutinitasnya yang itu-itu saja. Bahkan kalau terus didukung dan dikembangkan, hobi anak ini mungkin bisa menjadi profesinya di masa depan nanti.

2 dari 4 halaman

Ortu Tak Mau Mendengarkan Pendapat Anak

Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak © shutterstock

Terkadang sejumlah orang tua terlalu memaksakan kehendaknya kepada anak tanpa mendengarkan pendapat sang buah hati. Hal ini juga perlu dihindari ortu karena hanya akan membuat anak kecewa bahkan sakit hati. Berikanlah anak kesempatan untuk berpendapat dan menentukan pilihannya sendiri karena dia lah yang akan menjalaninya. Dari sini, anak juga akan belajar untuk mandiri dan juga bertanggung jawab atas pilihan tersebut.

3 dari 4 halaman

Lebih Mementingkan Uang dan Gelar Pendidikan Dibandingkan Kebahagiaan Anak

ilustrasi ibu dan anakilustrasi ibu dan anak © parents.com

Sejumlah orang tua ada yang terlalu memaksakan anaknya untuk mengambil jurusan ini dan itu saat kuliah karena dirasa jurusan tersebut bisa membuatnya dapat pekerjaan dengan gaji yang besar nantinya, padahal hal tersebut belum pasti. Orang tua yang terlalu mementingkan gelar pendidikan dan uang seperti ini justru akan menyengsarakan anak karena ia harus menjalani kehidupan yang palsu dan bukan atas keinginannya sendiri.

4 dari 4 halaman

Fokus Kebutuhan Sekarang sampai Tidak Pernah Menabung

Ilustrasi menabungIlustrasi menabung © Woman'sday.com

Menabung memang menjadi salah satu tantangan apalagi untuk orang tua baru yang sulit me-manage keuangan akibat pengeluaran yang terlalu besar. Meski begitu, orang tua perlu menabung sedikit demi sedikit untuk biaya sang anak ke depannya yaitu untuk mendukung minat dan bakatnya yang akan sangat berguna untuk masa depan nanti.

Beri Komentar