Ini Rahasia Didikan ala Orang Tua hingga Ria Ricis Sukses Seperti Sekarang

Reporter : Riza Umami
Selasa, 2 Agustus 2022 20:13
Ini Rahasia Didikan ala Orang Tua hingga Ria Ricis Sukses Seperti Sekarang
Gimana ya cara parentingnya?

Siapa sih yang gak kenal Ria Ricis? Dia merupakan salah satu youtuber Indonesia paling terkenal sekarang ini yang juga merupakan adik kandung dari Oki Setiana Dewi. Di balik kesuksesannya seperti sekarang ini ternyata orang tua punya andil besar dalam mendidiknya.

Dalam sebuah ceramahnya, Oki Setiana Dewi menceritakan bagaimana rahasia didikan orang tuanya kepada anak bungsunya tersebut. Oki pun mengatakan bahwa sedari kecil, sang adik ini memang berbeda dengan kakak-kakaknya.

1 dari 4 halaman

Dilansir dari akun TikTok @1001tanyajawabparenting, Ria Ricis bukanlah murid yang pintar dan selalu ranking satu seperti kakak-kakaknya. Kalau ada 25 murid di kelas, biasanya Ria Ricis mendapatkan peringkat 23.

Berbeda dengan kakak-kakaknya yaitu Oki Setiana Dewi dan Dokter Shindy yang selalu dapat ranking 1 di kelas. Kalau sedang membagikan rapor, orang tuanya bahkan anak menanyakan apakah Ria Ricis naik kelas atau tidak kepada gurunya.

2 dari 4 halaman

Potret Kelulusan Ria Ricis © Diadona

Meski amat berbeda dengan kakak-kakaknya, uniknya orang tua Oki Setiana Dewi tak pernah menyuruh Ria Ricis untuk meniru kakak-kakaknya yang pintar-pintar. Orang tuanya tak pernah membandingkan Ria Ricis meski tak pernah dapat ranking satu seperti kakak-kakaknya.

Diketahui dari kanal YouTube Ael Nashrul Amin, orang tua Ria Ricis justu menanyakan pada anaknya apa yang ia sukai. Ternyata, Ria Ricis menjawab bahwa ia suka pelajaran yang berbau seni. Uniknya, semua pelajaran yang berbau seni ia selalu mendapatkan nilai sempurna.

3 dari 4 halaman

Oleh sebab itulah, orang tuanya pun kemudian mengatakan pada Ricis untuk menjadi orang yang hebat dalam bidang seni tersebut. Orang tua mereka mengajarkan bahwa setiap anak memiliki kecerdasan masing-masing.

Setiap anak mempunyai potensinya masing-masing sehingga orang tuanya pun sangat mendukung masing-masing skill dan kompetensi yang dimiliki oleh tiap anaknya tersebut.

4 dari 4 halaman

Ria Ricis © Diadona

Oleh sebab itulah meski semasa sekolah nilai-nilai Ricis dalam bidang matematika dan sains tidak bagus, tetapi ia punya nilai yang sempurna dalam pelajaran seni. Orang tuanya pun mendukung minat anak dalam bidang seni tersebut serta apa pun hobi Ricis sehingga itu menjadi skill yang terasah dan sekarang menjadi sebuah pekerjaan yang bisa menghasilkan bagi Ricis pribadi.

Wah, keren banget ya parenting ala orang tua Ria Ricis dalam mendidik anaknya yang sangat berbeda dengan anak-anaknya. Karena didukung sedari kecil oleh orang tua apa pun minat dan bakatnya, kini Ria Ricis pun bisa jadi youtuber terkenal yang bisa menghasilkan banyak uang seperti sekarang. Gimana nih pendapat kamu tentang didikan orang tua Ria Ricis?

Beri Komentar