Viral Dokter Azankan Bayi yang Baru Lahir, Ada Kisah Haru di Baliknya

Reporter : Riza Umami
Kamis, 10 Desember 2020 10:20
Viral Dokter Azankan Bayi yang Baru Lahir, Ada Kisah Haru di Baliknya
Dokter Sandy begitu sedih ketika mengazankan bayi ini karena ayahnya sudah tak bisa melakukan hal itu.

Dalam Islam, anak yang baru lahir ke dunia ini, biasanya akan diazankan dulu oleh ayahnya. Namun, ayah dari seorang bayi yang baru lahir berikut ini tak dapat melakukan tugasnya tersebut.

Untuk menggantikan sang ayah tersebut, ada seorang dokter baik hati yang akhirnya mengazankan bayi yang baru lahir itu. Dia adalah dr Sandy Prasetyo, SpOG yang diberikan tugas untuk melakukan hal mulia tersebut.

1 dari 4 halaman

Dalam unggahan di akun Instagram miliknya yaitu @sandysandyprasetyo, dia menuliskan caption panjang yang menyentuh hati. Ternyata dirinya mendapatkan permintaan khusus dan amanah untuk mengazankan bayi dari dua orang ayah.

Dokter Azankan Bayi © Diadona

Pasiennya yang pertama rutin kontrol sejak awal kehamilan. Namun, sampai saat persalinan akan tiba, ternyata setelah suaminya diswab test hasilnya positif sehingga dia pun harus dirawat di rumah sakit. Suaminya ini pun minta tolong pada dokter untuk mengazankan anaknya nanti.

2 dari 4 halaman

Kemudian yang memilukan adalah pasien yang kedua. Pasien ini pertama kali bertemu dengan dokter tiga tahun yang lalu bersama suaminya. Saat itu, dia dalam kondisi keguguran da terus berjuang selama dua tahun untuk bisa hamil lagi, sampai akhirnya sembilan bulan yang lalu dia datang bersama suaminya dan ternyata dirinya hamil.

" Dok alhamdulillah testpack istri saya positif, saya gak pakek pikir panjang mau ketemu dokter Sandy di mana pun praktek hati ini. Dok titip ya bantu jagain istri dan kehamilan anak saya ini" , sang suami mengatakan dengan raut wajah yang begitu bahagia atas kehamilan istrinya tersebut.

3 dari 4 halaman

Kemudian, sang istri pun rajin kontrol tiap bulan dan tak pernah lewat dari jadwal serta selalu tepat waktu. Sampai waktu kehamilannya 33 minggu, pasien ini mengirimkan chat pada dokter kalau dia belum bisa kontrol lagi sementara karena swabnya positif. Namun, nanti kalau sudah negatif dia akan kontrol lagi pada dokter.

Dokter Azankan Bayi © Diadona

Selang beberapa waktu, pasien ini pun sudah negatif dan mau kontrol lagi. Saat dia datang, dokter Sandy pun bertanya di mana suaminya karena saat itu pasien ditemani sepupunya. Namun, dia justru menangis dan tak bisa berbicara. Dokter pun bertanya pada sepupunya karena pasien menangis.

" Dok, meninggal" , jawabnya terbata-bata sambil menangis. Ternyata, tiga minggu sebelum persalinan, suaminya meninggal akibat virus di pandemi ini.

4 dari 4 halaman

"Dok suami saya tidak bisa melihat anaknya lahir. Waktu terakhir saya kontrol dulu kan suami saya gak bisa nemenin saya ketemu dokter karena dia kerja, sampai rumah saya ditanyain, tadi apa udah bilang ke dokter Sandy titipan salam darinya, dia bilang terimakasih ke dokter. Waktu itu saya lupa bilang ke dokter. Sekarang dia gak bisa temenin lagi ketemu dokter, nanti titip azanin ya dok", ucapnya pada dokter Sandy.

      View this post on Instagram

A post shared by dr. Sandy Prasetyo, SpOG (@sandysandyprasetyo)

Dokter Sandy pun begitu sedih ketika akhirnya bayinya lahir dan dia mengazankan anak tersebut. Dia pun mendoakan semoga bayi yang baru lahir itu menjadi anak yang kuat dan selalu membahagiakan mamanya. Ayahnya pasti senang dia sudah hadir di dunia ini untuk menemani mamanya.

Beri Komentar