Terkuak Fakta Bahwa Tiap 157 Tahun Bumi Terima Sinyal dari Angkasa Luar

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 10 Juni 2020 04:51
Terkuak Fakta Bahwa Tiap 157 Tahun Bumi Terima Sinyal dari Angkasa Luar
Wah, sinyal apa ya kira-kira?

Para astronom dan pengamat  menemukan siklus aktivitas dalam RFB (fast radio bursts) atau ledakan radio cepat lainnya, yang memiliki potensi untuk menggali petunjuk penting tentang fenomena angkasa luar yang terbilang misterius.

Mengutip CNN, Selasa, 9 Juni 2020, ini merupakan kejadian yang kedua kalinya para astronom mendeteksi sinyal radio misterius.

1 dari 6 halaman

Melacak Ledakan Radio

Gelombang Radio © Diadona

FRB sendiri adalah semburan gelombang radio yang memiliki satuan panjang milidetik. Para astronom mampu melacak beberapa ledakan radio kembali ke galaksi asalnya. Namun, mereka belum menentukan penyebab sebenarnya dari ledakan tersebut.

Pengamatan sebelumnya menunjukkan bahwa biasanya ketika FRB berulang, terjadi secara sporadis atau dalam sebuah klaster. Nah, pola itu berubah pada awal tahun ini, ketika mereka menemukan bahwa sinyal FRB 180916.J0158 + 65 mempunyai pola semburan yang terjadi setiap 16,35 hari.

2 dari 6 halaman

Pola FRB

Selama empat hari, sinyal akan melepaskan satu atau dua ledakan setiap jam. Kemudian, akan diam selama 12 hari.

Kini, mereka telah mendeteksi pola FRB kedua, yang dikenal sebagai FRB 121102. Selama pola siklus ini, sinyal dipancarkan dalam jendela waktu 90 hari, diikuti oleh periode diam 67 hari. Pola ini berulang setiap 157 hari.

Fenomena angkasa luar FRB 121102 kemudian dikenal sebagai FRB berulang sejak 2016. Sekarang, para astronom tahu sinyal itu memiliki pola.

" Sampai sekarang, hanya satu FRB berulang lainnya yang diketahui menunjukkan pola seperti itu dalam aktivitasnya semburannya," ucap Kaustubh Rajwade, penulis studi utama dan peneliti postdoctoral dalam astronomi di University of Manchester, dalam sebuah email.

3 dari 6 halaman

Petunjuk Akan Keberadaan Benda Astrofisika

Luar Angkasa © Diadona

" Menemukan pola seperti itu mengungkapkan petunjuk penting tentang apa yang bisa menjadi nenek moyang FRB. Sebuah periodisitas memberitahu kita bahwa objek yang menghasilkan FRB mungkin dalam orbit dengan benda astrofisika lainnya."

Studi tentang peristiwa ini pun dipublikasikan Minggu 7 Juni dalam journal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society.

FRB 121102 adalah FRB yang pertama kali dilacak kembali ke sumbernya, dihubungkan kembali ke galaksi kerdil kecil lebih dari 3 miliar tahun cahaya pada tahun 2017.

4 dari 6 halaman

Penyebab Semburan

Para peneliti yakin bahwa semburan kuat ini bisa disebabkan oleh orbit bintang masif, lubang hitam, atau bintang neutron padat.

" Satu penjelasan potensial untuk mengulangi FRB dalah presesi, atau gerakan atas yang bergetar, dari sumbu bintang neutron yang bermagnet tinggi. Tetapi itu mungkin tidak menjelaskan apa yang dilihat para astronom untuk ledakan khusus ini, karena itu berlangsung begitu lama," kata para peneliti.

Model itu mungkin lebih cocok untuk semburan yang berulang selama beberapa minggu.

5 dari 6 halaman

Harapan ke Depan

Astronom © Diadona

Ke depan, para peneliti ingin menemukan FRB berulang lainnya, untuk menentukan apakah mereka juga memiliki pola dan melihat apakah keduanya mewakili kisaran pola. Mereka juga ingin mengamati FRB 121102 lebih lanjut dan melihat apakah polanya berubah dari waktu ke waktu.

" Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini akan membawa kita lebih dekat ke sumber FRB yang sebenarnya," kata Rajwade.

Pola meledak dalam penelitian ini terdeteksi saat menggunakan Lovell Telescope di Jodrell Bank Observatory di Inggris selama periode empat tahun. Teleskop peka terhadap sinyal radio yang redup dan mampu dengan teratur memonitor ledakan radio berulang yang telah diidentifikasi.

6 dari 6 halaman

FRB Tergolong Penemuan Baru

Sekedar informasi, ternyata FRB baru saja ditemukan pada tahun 2007 yang diikuti oleh penemuan baru bahwa beberapa dari mereka dapat mengulangi pada 2016. Sekarang, peneliti tahu mereka dapat memiliki pola juga.

" Penemuan menarik ini menyoroti betapa sedikitnya yang kita ketahui tentang asal-usul FRB," kata Duncan Lorimer, rekan penulis studi, dekan rekanan untuk penelitian dan profesor fisika dan astronomi di West Virginia University.

 

Beri Komentar