Tak Jadi Dipenjara, Nia Ramadhani Kini Bisa Jalankan Ramadan Bareng Keluarga

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 22 April 2022 11:15
Tak Jadi Dipenjara, Nia Ramadhani Kini Bisa Jalankan Ramadan Bareng Keluarga
Nia Ramadhani bebas usai jalani rehabilitasi 8 bulan.

Nia Ramadhani beserta sang suami, Ardi Bakrie, dan sang sopir, Zen Vivanto, sempat tersandung kasus penyalahgunaan narkoba beberapa waktu lalu. Kini, kasus tersebut telah diputus oleh Mahkamah Agung (MA). Dalam putusannya, MA menjatuhkan hukuman rehabilitasi selama 8 bulan kepada Nia, Ardi, dan Zen.

"Di website Mahkamah Agung sebenarnya sudah muncul bahwa perkara Bu Nia, Pak Ardi, dan Pak Ivan di tingkat banding sudah putus di 29 Maret 2022. Putusannya adalah bahwa beliau beliau ini diputus untuk menjalani rehabilitasi selama 8 bulan di FAN Campus," ujar Wa Ode Nur Zainab, kuasa hukum ketiganya, seperti melansir dari Kapanlagi.com.

1 dari 5 halaman

Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie © Diadona

Sesuai putusan tersebut, ketiga orang ini terhitung sudah selesai menjalani masa hukuman. Menurut Wa Ode, Nia dan Ardi harusnya sudah bebas dari rehabilitasi mulai 8 Maret lalu.

" Karena putusannya di tanggal 29 Maret 2022. Artinya mereka sudah lewat dong dari 8 bulan menjalani rehab. Jadi sudah selesai. Karena 8 bulan itu, mereka selesai sampai 8 Maret," lanjut Wa Ode.

2 dari 5 halaman

Menurut Wa Ode, vonis rehab yang diterima Nia dan Ardi sudah sesuai kaidah Undang-Undang Narkotika. Ia pun mengapresiasi keputusan Mahkamah Agung terhadap tiga kliennya.

Sebelumnya, pihak Nia Ramadhani, Ardi Bakrie, dan Zen Vivanto divonis Hakim Pengadilan Jakarta Pusat dengan hukuman kurungan penjara selama satu tahun. Namun usai mengajukan banding, ketiganya diputuskan menjalani hukuman rehabilitasi selama 8 bulan.

3 dari 5 halaman

Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie © Diadona

Dengan kebebasan ini, Nia dan Ardi sudah bisa beraktivitas seperti sebelumnya. Setelah menjalani masa rehabilitasi ini, Nia dan Ardi benar-benar berada dalam kondisi yang sangat baik.

" Ya sudah pulang. Sudah istirahat di suatu tempat. Jadi sudah bisa menjalani ibadah puasa Ramadan bersama keluarga," ujar Wa Ode.

4 dari 5 halaman

Nia dan Ardi disebut punya semangat luar biasa untuk lepas dari narkoba, mereka bahkan aktif mengikuti kegiata yang diselenggarakan tempat rehabilitasi. Sejak Desember tahun lalu, keduanya sebenarnya sudah dinyatakan sembuh dari ketergantungan narkoba.

" Kondisi baik, alhamdulillah. Mereka selama (rehabilitasi) di FAN Campus mengikuti program yang ada. Kegiatan agama, olahraga dan beliau antusias mengikuti karena ingin bisa kembali sehat fisik dan rohani agar bisa kembali ke masyarakat. Memang semangat mereka untuk sembuh luar biasa. Ketika di Desember sudah dinyatakan oleh ahli, sudah ada keterangan ahli bahwa mereka sudah betul-betul sembuh dan siap kembali ke masyarakat," pungkas Wa Ode.

Beri Komentar