Ekonomi Keluarga Lagi Sulit, Santri Ini Rela Sisihkan Uang Jajannya untuk Sang Ibu

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 11 Februari 2021 19:03
Ekonomi Keluarga Lagi Sulit, Santri Ini Rela Sisihkan Uang Jajannya untuk Sang Ibu
Walaupun tak banyak, uang 200 ribu ini mungkin sangat berarti bagi keluarganya.

Kondisi finansial banyak orang terguncang semenjak pandemi Covid-19 melanda. Keadaan serupa dialami sebuah keluarga yang salah satu anaknya menempuh pendidikan di pondok pesantren. Ketika orang tua dalam keluarga ini tidak punya uang, mereka dibuat terkejut sekaligus terharu oleh uang pemberian sang santri.

1 dari 4 halaman

Kisah ini dibagikan pengguna akun @callme_mida0 di TikTok pada Sabtu (6/2/2021). Dalam video unggahannya, ia bercerita, saat dijenguk orang tuanya, sang adik, yang merupakan santri, bertanya pada ayah mereka soal kondisi ekonomi di rumah.

Kisah Sntri yang Sisihkan Uang Jajannya Demi Bantu Ekonomi Keluarga © Diadona

" Ayahku jawab, lagi buruk, lagi enggak ada uang, enggak ke pasar," tulis @callme_mida0.

Santri tersebut kemudian pergi salat Jumat. Setelah itu, ia memberikan amplop pada ibunya. Dia juga berpesan supaya amplop dibuka setelah orang tuanya sampai di rumah.

2 dari 4 halaman

Begitu tiba di rumah, saat dibuka, amplop itu ternyata berisi surat dan uang tunai sebesar Rp200 ribu. Tak menyangka, ibu santri tersebut menangis membacanya. Sang kakak pun ikut terharu dan bersyukur memiliki adik yang pengertian.

 

" Ya Allah terima kasih sudha memberi malaikat kepada orang tuaku. Dia sekolah di pondok tidak ada paksaan dari kami. Itu sudah kemauan dia dari dulu," jelas @callme_mida0.

3 dari 4 halaman

Pemilik video juga menceritakan, uang Rp200 itu ternyata berasal dari uang jajan yang dikumpulkan adiknya dengan dititipkan ke ustaz selama di pesantren.

Isi surat kemudian diperlihatkan di akhir video. Sang kakak tampaknya takjub, adiknya sudah bisa berpikiran dewasa meskipun masih kecil.

" Saya hanya ingin berbagi cerita karena saya merasa malu, saya belum bisa memberi orang tua uang atau membuat orang tua saya bahagia," tutupnya.

4 dari 4 halaman
Beri Komentar