Sosok Bu Tejo, Si Tukang Julid dalam Film Tilik yang Lagi Viral di Medsos!

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 21 Agustus 2020 08:32
Sosok Bu Tejo, Si Tukang Julid dalam Film Tilik yang Lagi Viral di Medsos!
Jadi orang yang solutif gitu lho - Bu Tejo 2020.

Baru-baru ini sosial media dibuat terkagum akan satu sosok dalam sebuah film. Film yang dibuat oleh Ravacana Film ini merupakan film pendek yang di produksi 2018 lalu, namun pada 17 agustus 2020 kemarin pihak Ravacana Film mengunggah film pendek tersebut ke kanal YouTube mereka.

Film ini berkisah tentang sekelompok ibu-ibu yang hendak menjenguk (Tilik) Ibu Lurah, diperjalanan diisi dengan gunjingan dari ibu-ibu ini kepada Dian si "bunga desa". Ada satu sosok yang menyita perhatian netizen Indonesia karena sosoknya dibilang sangat nyata, ada disekeliling kita-kita.

1 dari 3 halaman

Film yang Relate

Bu Tejo © Diadona

Perjalanan dari desa mereka di Dlingo, Bantul untuk sampai rumah sakit di kota memakan waktu cukup lama hingga terjadilah banyak cerita di perjalanan tersebut.

Sosok Bu Tejo memulai gosip soal kabar tentang keluarga Bu Lurah. Gaya penceritaan Bu Tejo sangat halus, seolah peduli dengan obyek gosipannya, padahal tujuannya untuk menjatuhkan.

Penggambaran realita dalam film ini mendapat banyak apreasiasi warganet hingga menjadi trending di Twitter. Sosok Bu Tejo berhasil memperlihatkan realita ibu-ibu di kehidupan saat ini.

2 dari 3 halaman

Banyak Menuai Apresiasi Netizen

Bu Tejo © Diadona

Publik pun langsung memberikan banyak reaksinya. Banyak dari mereka mengatakan bahwa film ini berhasil membawa kesenangan tersendiri saat menontonnya.

" Mau tahu yang lebih bahaya ketimbang emak-emak naik (motor) matic? Yap, emak-emak noob internet bersatu jilidin anak tetangga di bak truk. Tilik menjadi 30 menit menyenangkan. Susah untuk enggak tersenyum ketika sutradara Wahyu Agung Prasetyo dengan cerdas main-main satir sosial bersama casting jempolan," tulis @hafilova.

Bu Tejo © Diadona

" Asli keren parah, film pendek 'Tilik' memotret salah satu tradisi dalam mosaik pergaulan ibu-ibu kampung, dieksekusi dengan sinematografi yang waw, long take parah, akting memukau terutama peran Bu Tejo yang outstanding, dialog powerful yang hampir semuanya bisa dijadikan meme, rekomen banget," tandas @langkahbaru.

" Bu Tejo lammbene ra toto, bongso-bongso pemancing konfilk neng ndeso fakkk. #Tilik (Bu Tejo mulutnya tidak aturan, para pemancing konflik di desa)," tandas akun @barcelonabryan.

3 dari 3 halaman

Diketahui, film Tilik ini diproduksi pada 2018 silam dan baru diunggah ke saluran YouTube Ravacana Films pada 17 Agustus 2020 kemarin.

Film ini juga telah menyabet tiga penghargaan sekaligus diantaranya, Piala Maya Kategori Film Pendek Terpilih (2018), menjadi Official Selection di Jogja-Netpac Asian Films Festival 2018, serta Official Selection World Cinema Amsterdam 2019.

Gimana menurut kalian guys? Btw, kalau belum nonton filmnya bisa nonton di bawah ini ya!

Beri Komentar