Sinopsis Film Oppenheimer yang Mulai Tayang di Indonesia

Reporter : Riza Umami
Kamis, 20 Juli 2023 17:04
Sinopsis Film Oppenheimer yang Mulai Tayang di Indonesia
Ini nih sinopsis film Oppenheimer.

Gak cuma Barbie, warganet juga lagi membicarakan film terbaru lainnya yang gak kalah menarik yaitu Oppenheimer. Ini adalh film biografi yang menceritakan kisah dari seorang fisikawan Amerika terkenal bernama Oppenheimer.

Perilisan film Oppenheimer berbarengan dengan Barbie, oleh karena itu beberapa netizen bingung mau nonton yang mana. Film yang satu ini dibintangi oleh Cillian Murphy yang terkenal lewat perannya di Peaky Blinders.

1 dari 5 halaman

Film yang disutradarai oleh Christoper Nolan ini adalah film biopik terpanjang di tahun 2023 dengan durasi selama 3 jam. Film Oppenheimer ini pun dibintangi oleh aktor dan aktris ternama di dunia.

Dilansir dari laman suara.com (13/7), gak hanya jadi sutradara, Christoper Nolan juga menulis sendiri naskah untuk film Oppenheimer berdasarkan kisahnya yang diterangkan di buku American Prometheus yang ditulis oleh Kai Bird dan Martin J. Sherwin.

2 dari 5 halaman

Sinopsis Film Oppenheimer

Oppenheimer © Diadona

Film Oppenheimer menceritakan kisah J. Robert Oppenheimer, seorang fisikawan Amerika yang memimpin Proyek Manhattan. Ia bertanggung jawab untuk mengembangkan bom atom pertama.

Film ini dimulai dengan Oppenheimer sebagai seorang mahasiswa di Universitas Cambridge, Inggris. Dia adalah seorang fisikawan yang brilian dan tertarik pada potensi penggunaan bom atom untuk mengakhiri Perang Dunia II.

3 dari 5 halaman

Oppenheimer memimpin Proyek Manhattan untuk mengembangkan bom atom. Ia mengerjakannya dengan manajer Laboratorium Los Alamos. Proyek yang dikerjakan keduanya ini untuk menciptakan bom atom yang merupakan senjata pemusnah massal.

Proyek Manhattan ini dilakukan di beberapa lokasi rahasia yaitu Oak Ridge Tennessee, Hanford Washington, serta Los Alamos New Mexico. Akhirnya, Oppenheimer berhasil menciptakan bom atom pertama yang pada akhirnya digunakan untuk pengeboman di Hiroshima.

4 dari 5 halaman

Oppenheimer © Diadona

Film ini juga menceritakan bagaimana kemudian Oppenheimer merasa menyesal akan keterlibatannya dalam penciptaan bom atom pertama tersebut. Dia menyadari bahwa bom atom adalah senjata yang sangat merusak dan bahwa penggunaannya akan memiliki dampak yang menghancurkan bagi dunia.

5 dari 5 halaman

Oppenheimer pun lalu menjadi aktivis perdamaian dan menghabiskan sisa hidupnya bekerja untuk mencegah digunakannya bom atom lagi. Ia bahkan sampai kehilangan jabatannya sebagai penasihat pemerintah pada bidang keamanan.

Film Oppenheimer adalah film yang kuat dan menggugah pikiran tentang salah satu peristiwa paling penting dalam sejarah. Ini adalah film yang akan terus membuat penonton memikirkan konsekuensi moral dari penggunaan bom atom. Siapa nih yang berencana mau nonton film Oppenheimer di bioskop?

Beri Komentar