Seperti Sosok Kartini, 6 Aktris Ini Juga Bangun Sekolah untuk Masyarakat Kurang Mampu

Reporter : Sofi
Selasa, 21 April 2020 16:47
Seperti Sosok Kartini, 6 Aktris Ini Juga Bangun Sekolah untuk Masyarakat Kurang Mampu
Ada yang suruh bayar pakai sayur dan buah aja loh!

Pendidikan adalah hal penting untuk setiap orang untuk bekal masa depan. Untuk zaman sekarang, seharusnya untuk bersekolah lebih mudah karena sudah ada peraturan, kewajiban belajar sembilan tahun dan tidak ada yang menghalangi untuk mendapatkan pendidikan lebih tinggi. Sayangnya perekonomian masyarakat di Indonesia yang kadang menjadi faktor anak-anak terpaksa gak bisa mengenyam pendidikan.

Tapi para aktris ini mendirikan sekolah untuk masyarakat yang kurang mampu. Sudah seperti pahlawan kita, Kartini ya? R.A. Kartini yang pada saat itu memperjuangkan wanita agar mendapatkan kebebasan, kesetaraan, dan persamaan hukum sebagai bagian dari gerakan yang lebih luas, tentu bukanlah hal yang mudah. Dengan didukung suaminya saat itu, kemudian R.A. Kartini membangun sekolah wanita di sebelah timur pintu gerbang kompleks kantor Kabupaten Rembang. Sayangnya, Kartini meninggal di usia 25, beberapa hari setelah melahirkan anak pertamanya pada 17 September 1904.

Perjuangannya kini telah diteruskan oleh banyak orang. Contohnya seperti para aktris berikut yang membangun sekolah gratis untuk masyarakat yang membutuhkan dan mempermudah akses pendidikan mereka. Yuk simak siapa aja sih?

 

1 dari 6 halaman

1. Nadine Chandrawinata

Nadine Chandrawinata © Diadona

Mantan Puteri Indonesia 2005 ini terkenal dengan kegiatannya yang peduli dengan alam. Bentuk kepedulian terhadap alam ini, kemudian Nadine Chandrawinata mendirikan sekolah alam. Tujuannya adalah untuk mengedukasi masyarakat agar lebih peduli pada biota laut. Sekolah alam yang didirikan Nadine berada di beberapa daerah pelosok yang dia kunjungi saat travelling.

2 dari 6 halaman

2. Yuni Shara

Yuni Shara © Diadona

Kakak Kridayanti ini memiliki sekolah PAUD dan TK, dengan biaya murah yaitu Rp 3.500. Bahkan Yuni Shara juga memperbolehkan muridnya untuk gak bayar pakai uang loh! Mereka bisa bayar menggunakan sayur dan buah juga.

3 dari 6 halaman

3. Dian Sastro

Dian Sastro © Diadona

Aktris yang sudah gak diragukan lagi kemampuan dan jiwa sosialnya ini memiliki kepdualian tinggi terhadap pendidikan. Khususnya untuk para perempuan. Pemeran tokoh R.A. Kartini dalam film 'Kartini', bersama sang ibunda, Dewi Parwati Setyorini ini mendirikan Yayasan Dian Sastrowardoyo (YDS) sejak tahun 2009.

Yayasan ini berfokus pada bidang pendidikan dasar, pemberdayaan perempuan dan budaya Indonesia. Yayasan yang didirikan Dian ini juga rutin memberikan beasiswa bagi perempuan yang berprestasi, berkeinginan kuat untuk berlajar dan berjuang, tapi memiliki hambatan ekonomi untuk menempuh pendidikan yang layak.

4 dari 6 halaman

4. Cinta Laura Kiehl

Cinta Laura © Diadona

Aktris blasteran Indonesia-Jerman ini mendirikan Yayasan Soekarseno Peduli di Bogor dan dibantu oleh kedua orangtuanya. Di dalam yayasan yang dia dirikan, ada dua sekolah dasar dan satu sekolah menengah pertama. Sekolah yang didirikan oleh Cinta Laura juga gratis bagi siapapun yang ingin menempuh pendidikan di sana.

5 dari 6 halaman

5. Zaskia Adya Mecca

Zaskia Adya Mecca © Diadona

Istri dari Hanung Bramantyo ini awalnya memiliki keinginan untuk menyelenggarakan pesantren kilat setiap sore. Dari situ, akhirnya Zaskia mendirikan sekolah Taman Pendidikan Alquran Online. Sampai sekarang pun sudah ada ratusan orang yang menjadi murid di sana.

6 dari 6 halaman

6. Alena Wu

Alena Wu © Diadona

Penyanyi yang memiliki nama asli Caroline Gunawan ini memiliki sekolah khusus anak-anak jalanan yang diberi nama Sekolah 'Alena Sahabat Anak' (ASA). Melalui Alena Free Foundation, dia memiliki program sekolah gratis untuk anak-anak kurang mampu.

Gimana menurut kalian? Pada keren semua ya orang-orang ini. Tulis pendapat kalian di kolom komentar ya!

Beri Komentar