10 Ucapan Hari Kartini yang Bikin Kamu Semangat Menjalani Hidup

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 21 April 2020 11:10
10 Ucapan Hari Kartini yang Bikin Kamu Semangat Menjalani Hidup
Memperingati Hari Kartini, ucapan mana favoritmu?

Tanggal berapa hari ini? 21 April. Ya, pada tanggal itulah Raden Ajeng Kartini lahir, tepatnya pada tahun 1879 di Mayong, Kabupaten Jepara. Di setiap tanggal itu juga, seluruh warga Indonesia memperingati hari beliau, yang disebut dengan Hari Kartini.

Beliau merupakan inspirasi bagi para perempuan Indonesia hingga sekarang. Itulah yang membuat Hari Kartini ini ada. Beliau sangat terkenal dengan cita-citanya untuk menghapus ketimpangan gender yang didominasi oleh laki-laki. Ia ingan membawa perubahan untuk kehidupan perempuan Indonesia, yang hingga sekarang disebut dengan emansipasi perempuan.

Banyak kata-kata bijaknya yang hingga sekarang tak pernah dilupakan alias abadi. Untuk memperingati Hari Kartini ini, merangkum dari Merdeka.com, apa saja kata-kata bijak beliau yang setidaknya harus kita tahu?

1 dari 11 halaman

1. "Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam"

 

Habis gelap, terbitlah terang. Ya, kata-kata di Hari Kartini ini benar adanya. Ketika ada keadaan sedang sulit, percayalah harapan akan masih terus terlihat selagi kita masih terus berusaha.

2 dari 11 halaman

2. "Jangan mengeluhkan hal-hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yang membiarkannya datang"

Hari Kartini mengajarkan kita bahwa tak ada gunanya mengeluhkan hal-hal buruk. Namun penerimaan atas hal-hal buruk itu perlu, dan sudah sebaiknya yang kita lakukan bukan mengeluh, tapi terus berusaha maju.

3 dari 11 halaman

3. "Tak ada hal yang lebih menyenangkan, selain menimbulkan senyum di wajah orang lain, terutama wajah yang kita cintai"

Pasti relate, kan? Bahkan sejak dulu kala, Kartini sudah menyadari betul hal ini. Seseorang terus bergerak maju untuk membuat orang yang dicintainya bahagia. Kalau kamu sedang terpuruk, di Hari Kartini ini, coba ingat-ingat lagi orang yang kamu cintai.

Masih ada yang harus kamu gapai, bukan?

4 dari 11 halaman

4. "Gadis yang pikirannya sudah dicerdaskan, pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya"

Inilah emansipasi perempuan yang Kartini coba perjuangkan. Ia ingin perempuan-perempuan Indonesia tak terkekang oleh budaya patriarki yang diatur oleh sistem kultur nenek moyang. Di Hari Kartini ini, diharapkan perempuan Indonesia cerdas dan punya pengetahuan yang luas sehingga mereka menjalani hidup karena seutuhnya berdasarkan diri mereka sendiri.

5 dari 11 halaman

5. "Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu.

Sepertinya kata-kata Kartini yang satu ini masih relate dengan " Habis gelap, terbitlah terang." Ya, memang pada hakikatnya untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan, Kartini telah mengajarkan kita bahwa kita harus rela bersusah-susah.

6 dari 11 halaman

6. "Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi. Bila tidak bermimpi apakah jadinya hidup. Kehidupan yang sebenarnya kejam."

Dari kata-kata tersebut, di Hari Kartini ini ayo kita sepakati bahwa hidup ini memang kejam. Terus apa? Yang bisa kita lakukan adalah bermimpi. Sebab mimpi adalah satu-satunya harapan yang kita punya agar terus maju dalam menjalani hidup untuk melakukan tindakan yang nyata.

7 dari 11 halaman

7. "Tak peduli seberapa keras kamu mencoba, kamu tak akan pernah bisa menyangkal apa yang kamu rasa. Jika kamu memang berharga di mata seseorang. Tak ada alasan baginya untuk mencari seorang yang lebih baik darimu".

Ngomong-ngomong tentang cinta, kamu harus mendengarkan kata-kata tersebut di Hari Kartini ini. Ya, kamu berhak atas pilihan seseorang yang kamu cintai. Sebab perasaan adalah satu-satunya hal yang tak mampu kamu sangkal.

Bukankah cinta tak bisa dipaksakan?

8 dari 11 halaman

8. "Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba, jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang".

Terkadang, kita gampang menyerah ketika sudah merasa lelah. Padahal, untuk mencapai yang kita inginkan hanya tinggal beberapa langkah lagi. Nah, di Hari Kartini ini, kalau kamu tiba-tiba merasa putus asa, ingatkan kata-kata Kartini tersebut.

9 dari 11 halaman

9. "Bukan laki-laki yang hendak kami lawan, melainkan pendapat kolot dan adat usang".

Sejak dulu, beliau telah mengingatkan bahwa untuk melawan patriariki, bukan laki-lakilah yang harus dilawan. Tapi, pemikiran-pemikirannya. Di Hari Kartini ini, yuk, lawanlah sistem serta pemikiran patriarki, bukan orangnya.

10 dari 11 halaman

10. "Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri"

Terakhir, di Hari Kartini ini, yuk, jangan biarkan dirimu jatuh. Memang banyak hal di luar sana yang bisa bikin kamu terpuruk, tapi selagi dirimu masih ada keinginan untuk bangkit, yang kamu khawatirkan gak akan terjadi.

11 dari 11 halaman

Nah guys, itulah ucapan bijak di Hari Kartini yang bisa bikin kamu semangat menjalani ini. Sejauh ini, ucapan di Hari Kartini mana yang kamu favoritkan? Share di kolom komentar, yuk!

Beri Komentar