Sempat Terkenal dan Jadi Bintang Besar, 13 Boy Group Korea Ini Memutuskan untuk Bubar

Reporter : Wicha Mashita
Kamis, 3 September 2020 19:04
Sempat Terkenal dan Jadi Bintang Besar, 13 Boy Group Korea Ini Memutuskan untuk Bubar
Sedih banget deh, mereka pada bubar.

Menjadi patah hati mendalam bagi Kpopers jika boy atau girl group kesayangannya memutuskan berpisah. Gimana nggak sedih, pasti akan sulit melihat momen kebersamaan para membernya lagi.

Apalagi kalau sudah benar-benar jadi Kpopers, pasti nggak cuma menikmati lagunya saja kan? Ada perasaan seperti terikat satu sama lain. Mulai dari beli printilan idol favoritmu, nonton acara apapun yang dibintanginya sampai jadi sumber kebahagian karena bisa halu? Hehe..

Sayangnya beberapa boy group ini memutuskan untuk bubar. Meski begitu, mereka pernah mengisi hari-hari kita dengan musik, tarian dan momen kebersamaan mereka kan guys?

1 dari 13 halaman

Wanna One

Wanna One © Diadona


Bisa dibilang Wanna One sangat booming pada masanya. Kesebelas laki-laki ini dipiih debut dari sebuah survival program Produce 101 oleh Mnet.

Akan tetapi, Wanna One memiliki kontrak hanya 1,5 tahun sesuai dengan yang diberlakukan oleh CJ E&M selaku penyelanggara program survival tersebut. Sehingga akhir aktivitas Daniel cs sebagai group digelar pada 24-27 Januari 2019.

2 dari 13 halaman

X1

X1 © Diadona


Serupa dengan Wanna One, X1 merupakan boy group bentukan survival program. Namun adanya skandal para agensi trainee yang jadi member X1 membuat boy group ini harus dibubarkan sebelum masa kontraknya berakhir.

Hal ini dikarenakan skandal manipulasi pemungutan suara program Produce X 101 lanjutan dari program pembentukan Wanna One. Sehingga banyak agensi dari tiap member yang akhrinya mengumumkan pembubaran group.

3 dari 13 halaman

UNB

UNB © Diadona


Masih membahas kontrak agensi dengan artisnya, UNB menjadi boy group yang resmi bubar selanjutnya karena peraturan kontrak. Group yang terbentuk dari program The Unit ini menjalani masa debutnya hanya satu tahun.

UNB debut pada April 2018. Kemudian di tahun 2019, boy group beranggota 9 orang ini bubar.

4 dari 13 halaman

Boyfriend

Boyfriend © Diadona

Pada 2011 boy group asuhan Starship Entertainment ini memulai debutnya. Boyfriend memiliki warna musik yang beda ditambah ada member kembarnya, Youngmin dan Kwangmin yang menarik perhatian publik.

Sayangnya, agensi kurang mengelola dengan baik sehingga kepopuleran mereka meredup. Akhirnya keenam member pun memutuskan bubar sebagai Boyfriend dan keluar dari Starship Ent.

5 dari 13 halaman

Topp Dogg

Topp Dogg © Diadona

Ada lagi boy group yang terpaksa bubar karena agensinya sendiri. Boy group dengan 13 member ini berhasil debut di tahun 2013 dan menyita perhatian publik. Apalagi mereka juga pernah memasukkan budaya Korea Selatan di lagu 'Arario' yang disambut hangat oleh kpopers.

Tapi setelah ada dua member Topp Dogg yairu Kidoh dan Gohn yang menggugat agensi, popularitas mereka menurun. Hal ini dikarenakan kesalahan agensi dalam mengelola karir mereka.

Mulanya, mereka masih bertahan dengan berganti nama jadi Xeno-T. Namun tidak bertahan lama, membernya yang bernama A-Tom memutuskan keluar dan akhirnya Topp Dogg pun berakhir pada 2018.

6 dari 13 halaman

B.A.P

B.A.P © Diadona


Boy Group di bawah naungan TS Entertainment ini debut pada tahun 2012 lalu. Boy Group ini memiliki akronim Best Absolute Perfect. Berdiri dengan alirran hip hop, B.A.P terdiri dari 6 member, yaitu Zelo, Bang Young Guk, Kim Himchan, Daehyun, Youngjae dan Jong Up.

Banyak yang berekspektasi mereka berenam bakalan sekeren BTS. Sayangnya, mereka berakhir dengan tuntutan hukum yang membuat popularitasnya meredup dan akhirnya bubar.

7 dari 13 halaman

A-JAX

A-JAX © Diadona


DSP Media membentuk boy group beranggotakan 7 member pada 2012. Namun, A-JAX tidaklah memiliki karir langgeng dengan bersama-sama 7 member.

Di Februari 2016, ada dua member yang meninggalkan group, ayitu Jihoo dan Jaehyung. Sejak itulah A-JAX resmi bubar.

8 dari 13 halaman

BIGSTAR

BIGSTAR © Diadona


Boy group beranggotakan 5 member ini debut di bawah naungan BRAVE Entertainment. Sayangnya, kontrak ketiga membernya, yaitu FeelDog, Sunghak dan Jude sudah berakhir.

Ketiga member tersebut juga tidak memperpanjang kontrak. Sehingga dua member sisanya, yaitu Baram dan Raehwan pun memutuskan bersolo karir di BRAVE Ent dan group dibubarkan.

9 dari 13 halaman

MYTEEN

MYTEEN © Diadona


MYTEEN dibentuk tahun 2016 dan debut di bawah naungan Music Works pada tahun 2017. Mereka debut dengan merilis mini album pertama, MY TEEN GO! Sebelumnya, keempat member MYTEEN, yaitu Eun Su, Chun Jin, Shin Ju Seop dan Kim Kook Heon mengikuti program survival Mixnine.

Sayangnya mereka hanya sampai masuk debut line dan tidak mencapai final. Sempat comeback pertama di tahun 2018, salah satu membernya Lee Tae Vin keluar dari group. Hingga akhirnya pada 21 agustus kemarin MYTEEN resmi bubar.

10 dari 13 halaman

14U

14U © Diadona


Kalau tadi kebanyakan boy group bubar karena bermasalah dengan agensi atau kontrak yang nggak diperpanjang, alasan 14U kali ini sedikit mengejutkan. Sebelumnya, pada April 2019 14U buatan BG Entertainment ini bubar tanpa konfirmasi.

Padahal boy group ini bisa dibilang menjadi dambaan, khususnya kpopers Indonesia. Soalnya ada salah satu member dari Indonesia yang mana jadi idol pertama dari Indonesia yang debut di Korea.

Namun, ada sebuah sumber yang mengatakan pada Xports News, kalau pembubaran 14U karena skandal salah satu member. Ia mengatakan member tersebut memiliki hubungan gelap dengan salah satu staff agensi.

11 dari 13 halaman

MADTOWN

MADTOWN © Diadona


J. Tune Camp membentuk boy group dengan 7 member, yaitu Moos, Daewon, Lee Geon, Jota, Heo Jun, Buffy dan H.O. MADTOWN debut pada November 2014 lewat album perdana mereka, Mad Town.

Sempat berganti label ke GNI Entertainment pada tahun 2017. Tapi di tahun 2019 mereka resmi bubar.

12 dari 13 halaman

MBLAQ

MBLAQ © Diadona


Kalau boy gorup yang satu ini statusnya bisa dibilang belum jelas guys. MBLAQ berisi 5 anggota yang dibentuk oleh penyanyi Solo, Rain. Kemampuan bakat mereka pun diakui banyak orang dan sering muncul di berbagai acara TV.

Sayangnya, agensi nggak tahu bagaimana cara mempromosikan tiap membernya. Sehingga, satu per satu mulai meninggalkan group. Terakhir kali MBLAQ comeback pada 2015 dan memutuskan hiatus hingga kini.

13 dari 13 halaman

1THE9

1THE9 © Diadona


Ada boy group asal Korea Selatan yang terbaru memutuskan untuk disband. 1THE9 awalnya terbentuk lewat ajang Under Nineteen pada tahun 2018. Sejauh ini mereka sudah merilis dua album mini bertajuk Blah Blah dan XIX.

Namun, di tahun 2020 mereka memutuskan untuk bubar. Sebelumnya, 1THE9 sudah merencanakan pembubaran pada 8 Juli 2020. Tapi, karena pandemi jadi ditunda sampai bulan Agustus.

Semoga, kesuksesan terus mengikuti mereka ya guys, meski sudah memutuskan untuk jalan di pilihan masing-masing.

Beri Komentar