Jadi 3 Agensi Terbesar di Korea, Inilah Karakteristik Idol yang Dicari SM, YG dan JYP

Reporter : Wicha Mashita
Selasa, 1 September 2020 10:25
Jadi 3 Agensi Terbesar di Korea, Inilah Karakteristik Idol yang Dicari SM, YG dan JYP
Ketiga agensi terbesar di Korea Selatan ini punya warna yang berbeda guys.

Tahu nggak sih, dalam dunia per-Kpopan, ada julukan "The Big 3" untuk tiga agensi terbesar? Yap, ada kekuatan SM, YG dan JYP Entertainment di industri Korea yang memengaruhi hallyu atau gelombang Korea bisa melanda di berbagai belahan dunia.

Nggak heran kalau ketiga agensi ini sampai dijuluki "The Big 3". Sebab, mereka melahirkan artis-artis besar yang mendunia. Meski begitu, ketiganya punya ciri khas tersendiri dalam melahirkan idol K-Pop loh!

Ketiga agensi musik Korea ini memiliki karakteristik sendiri untuk membentuk penyanyi maupun idol mereka. Tentu saja, ketiganya juga berbeda guys.

1 dari 9 halaman

SM Entertainment

Lee Soo Man, Pendiri SM Entertainment © Diadona


Pertama, SM Entertainment yang kata para mantan trainee-nya punya peraturan cukup ketat. Agensi yang didirikan oleh Lee Soo Man ini melahirkan sejumlah artis yang kini besar namanya, seperti Super Junior, Girls' Generation, SHINee, EXO, Red Velvet, NCT dan masih banyak lagi.

Kesuksesan ini tentu saja didukung dari bagaimana mereka menjadi trainee sebelumnya. Nah, dari beberapa sumber, mantan trainee SM Ent mengungkapkan kalau di sini memiliki standar yang cukup ekstrem. Bahkan jika membuat kesalahan sekecil apapun akan dihukum. SM menghargai orang-orang berbakat yang mau belajar dari kesalahan mereka.

2 dari 9 halaman

SNSD © Diadona

Selain itu, agensi yang didirikan tahun 1995 ini terkenal dengan julukan 'Taman Bunga Lee Soo Man' yang mana isi bintangnya memancarkan visual yang sangat memukau.

Heechul Super Junior pernah bilang, kalau SM Entertainment diisi oleh idol yang citra seperti kuda atau good looking, gagah, berkelas dan kuat. Pokoknya, kelihatan banget gitu guys, visual dari idol di SM Entertainment yang suka bikin cengo saking wow-nya.

Nah sedangkan untuk kemampuan vokalnya, SM Entertainment ini memiliki ciri khas suara yang dikeluarkan dengan lepas. Seorang YouTuber Korea dengan channel Cuther pernah membuat perbandingan teknik vokal antara SM, YG dan JYP Entertainment dalam menyanyi.

3 dari 9 halaman

Ilustrasi Super Junior © Diadona

SM Entertainment memiliki ciri khas suara yang pure, polos, jelas dan vibes suara orang-orang cantik atau ganteng. Teknik menyanyi dengan mulut dibuka lebar.

Sedangkan untuk dance-nya, SM Entertainment terkenal dengan gerakan yang sibuk atau rumit yang mana gerakannya banyak. Dance enerjik dengan banyak detail gitu guys.

4 dari 9 halaman

YG Entertainment

Yang Hyun Suk © Diadona


Citra YG Entertainment terkenal dengan vibes Yang Hyun Suk sebagai produser utama. Perusahaan ini memprioritaskan keterampilan para calon artisnya seperti yang pernah ia ungkapkan. Yang Hyun Suk juga mencari artis yang menyukai pekerjaan mereka.

" Untuk memprioritaskannya, peringkatnya adalah seseorang yang berbakat, beekrja keras dan yang baik."

5 dari 9 halaman

Ilustrasi BLACKPINK © Diadona

Agensi ini juga melahirkan banyak top idol K-Pop, seperti Big Bang, 2NE1, BLACKPINK, iKON dan masih banyak lagi. Bahkan kini banyak orang yang sudah tahu BLACKPINK dengan popularitasnya yang mendunia, kan?

Nggak hanya SM, YG Ent juga punya peraturannya sendiri guys. Di YG ada peraturan nggak boleh minum, nggak boleh pesta, dilarang kencan untuk rookie-rookie yang baru debut. Selain itu, penampilan dari agensi ini lebih terlihat dengan style unik yang swag.

 

6 dari 9 halaman

Big Bang © Diadona

Agensi yang terkenal dengan swag vibes-nya ini memiliki idol dengan ciri khas suara seperti jipster yang sangat lelah dan mengantuk. Jadi bukan nuansa yang ambisius, lebih ke 'Aku belum tidur seharian nih tapi aku keren'.

Untuk dance ala agensi yang berdiri sejak 1999 ini lebih dengan gaya slay yang keren. Seperti gerakan orang yang ngantuk gitu guys, tapi swag. Itu kenapa YG terkenal dengan agensi swag. Apalagi di sini kamu bisa menemukan para rapper berbakat. 

7 dari 9 halaman

JYP Entertainment

Park Jin Young © Diadona


Nah sekarang kita bahas JYP Entertainment yang didirikan oleh penyanyi sekaligus penulis lagu, J.Y. Park atau Park Jin Young. Ia mencari orang yang memiliki keterampilan dan kepribadiaan baik untuk sukses menjadi artis di bawah naungannya.

Park Jin Young merasa menghasilkan uang itu penting, namun harus bisa bahagia saat melakukannya. Itu kenapa keterampilan dan kepribadian keduanya berperan penting.

" Baik itu pria atau wanita, saya suka mereka yang sehat. Meskipun keterampilan menyanyi dan menarinya bagus, saya tidak dapat membantu (memprouduksinya) jika tidak cerdas, murni dan sehat," ungkap pendiri JYP tersebut.

8 dari 9 halaman

TWICE © Diadona

Selain itu, visual dan penampilan artis JYP memiliki warna yang berbeda setiap groupnya. Jika TWICE memiliki image cute dan seksi sekaligus, MISS A lebih mature dan seksi. Sedangkan GOT7 konsep laki-laki yang kini sudah tumbuh semakin dewasa.

Kalau agensi yang berdiri tahun 1997 ini memiliki ciri khas menyanyi dengan suara seksi. Teknik ini dikenal dengan suara 'Huh uk huh uk' yang mana menunjukkan suara liar yang seksi. Artis JYP dengan ciri khas memotong nafas sebentar dan nggak membuka mulutnya terlalu lebar saat menyanyi.

9 dari 9 halaman

2PM © Diadona

Yap, JYP sendiri sukses melahirkan banyak artis berbakat. Mulai dari Wonder Girls, 2PM, deretan laki-laki manly dengan suara indah, MISS A, Got7, TWICE, ITZY, Stray Kids dan lain-lain.

Nggak hanya berbentuk boy group atau girl group, JYP juga punya band loh! Wonder Girls yang bisa main alat musik dengan versi band dan dalam bentuk girl group sekaligus, serta DAY6 5 laki-laki pemain musik yang memiliki suara indah.

Sedangkan untuk gaya dance agensi JYP lebih menekankan gerakan seksi patah-patah. Apalagi didukung dengan suara husky. Sudah jelas berbeda ya guys karakternya dengan agensi dua lainnya?

Jadi itu tadi karakteristik berbeda dari artis SM, YG dan JYP Entertainment. Kalau kamu lebih suka yang mana nih guys?

Beri Komentar