Resmi, Joe Biden Menangkan Pilpres Amerika Serikat

Reporter : Hevy Zil Umami
Minggu, 8 November 2020 00:12
Resmi, Joe Biden Menangkan Pilpres Amerika Serikat
Hasil akhir Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) 2020 akhirnya menempatkan calon Demokrat, Joe Biden, sebagai Presiden terpilih AS.

Ini didasarkan pada proyeksi dari Decision Desk HQ yang 99 persen yakin akan hitungannya.

Dengan proyeksi hasil akhir ini, Biden akan menjadi calon presiden terpilih untuk pemilihan presiden AS tahun 2020. Mantan wakil presiden era Barack Obama telah mengalahkan lawan dari Partai Republik, Donald Trump, dan mengakhiri empat tahun masa kepresidenan taipan real estate itu.

Kemenangan Biden dipastikan pada Jumat (11/6/2020) pukul 09.30 WIB.

1 dari 4 halaman

Keputusan HQ

Joe Biden © Diadona

Meja Keputusan HQ memproyeksikan kemenangan Biden di negara bagian Pennsylvania yang memberinya 273 suara elektoral. Minimal 270 suara elektoral diperlukan untuk memenangkan Pemilihan Presiden AS.

Associated Press belum memproyeksikan kemenangan Biden, meskipun hampir bisa dipastikan bahwa ini adalah masalah waktu. Proyeksi Associated Press akan memberikan 284 suara elektoral ke Biden plus negara bagian Arizona.

2 dari 4 halaman

Rust Belt Menangkan Biden

Joe Biden © Diadona

Biden pantas berterima kasih kepada para pendukungnya di trio negara bagian Rust Belt swing karena menjadi kunci penting untuk kemenangannya. Politisi veteran asal Delaware ini berhasil merebut dan memulihkan " Blue Firewall" dari tangan Trump.

" Blue Firewall" mengacu pada tiga negara bagian Rust Belt, Pennsylvania, Wisconsin, dan Michigan, yang selalu memberikan suara bersama untuk calon presiden dari Partai Demokrat dari pemilihan presiden 1992 hingga pemilihan presiden 2012.

3 dari 4 halaman

Awalnya Demokrat Optimis

Joe Biden © Diadona

Awalnya, Demokrat optimistis Biden bisa menang cepat. Tetapi kegagalan Biden untuk memenangkan Florida, kondisi ayunan penting Sabuk Matahari, menunda kemenangannya.

Sementara itu, blok pemilih perempuan juga meninggalkan Trump, terutama di tengah ancaman terhadap hak aborsi perempuan AS, setelah mengonfirmasi Hakim konservatif yang memiliki hubungan dekat dengan Partai Republik, Amy Comey Barrett, sebagai Hakim Agung AS yang baru.

4 dari 4 halaman

Kemenangan Akhir Jatuh pada Biden

Joe Biden © Diadona

Blok pemilih minoritas, yaitu Hispanik dan Afro-Amerika, yang selama ini menjadi basis kuat Demokrat, secara tak terduga telah mengalihkan dukungan mereka kepada Trump.

Perpindahan suara ini memang tidak besar namun cukup membuat hasil pemilu lebih ketat dari yang diperkirakan.

Tanpa dukungan kuat dari pemilih pinggiran kota dan penurunan dukungan dari pemilih minoritas, Biden hampir pasti akan kalah atau bahkan lebih buruk daripada Clinton.

Beri Komentar